Hutan Lindung Gunung Lengkuas Terbakar

0
147
Proses pemadaman api yang dilakukan warga setempat di kasawan Gununglengkuas

BINTAN – Kepulan asap tebal tiba-tiba muncul dari dalam hutan lebat Gunung Lengkuas. Dengan cepat, api menjalar hingga ke pemukiman dan kawasan penyulingan air bersih PT Bestari yang tak jauh dari lokasi kebakaran.

Pantauan Tanjungpinang Pos di lokasi kejadian, Sabtu (16/3) sore, api belum mampu di padamkan warga setempat. Beberapa warga terlihat memanfaatkan perlengkapan seadanya untuk memadamkan api.

Tampak hadir lurah, beberapa ketua RT serta Babinsa yang ikut memadamkan api, namun api masih meluas hingga ke bibir pegunungan Gunung Lengkuas.

“Ini kebakaran parah, dibandingkan tahun kemarin. Infonya api tiba-tiba muncul dari dalam hutan, tak jauh dari sumber air di bibir pegunungan ini,” cerita seorang warga yang memiliki perkebunan di kawasan itu.

Sementara Lurah Gunung Lengkuas, M Firmansyah yang tampak hadir dan turut memadamkan api.

Ia menuturkan, sulit mendatangkan mobil kebakaran. Selain itu, petugas pemadaman infonya sedang memadamkan api di wilayah lainnnya.

“Akses kendaraan masuk memadamkan api sangat sulit. Kami juga sudah menghubungi Damkar yang juga tengah memadamkan api di daerah lain saat ini,” ujar Firmansyah.

Sementara warga sekitar, hanya mampu melihat api yang terus menjalar ke dalam hutan Gunung Lengkuas. “Kita pasrah saja, mudahan apinya segera padam,” tampal warga Gunung lengkuas lainnya. (ais)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here