Ibu Hamil Diminta Rutin Periksa Kesehatan

0
161
Ibu-ibu hamil foto bersama usai mengikuti seminar kesehatan tentang ibu hamil. f-istimewa

TANJUNGPINANG – Untuk menekan angka kematian ibu pada saat melahirkan, Pemerintah Kota Tanjungpinang terus meningkatkan koordinasi antara klinik dengan puskesmas dan rumah sakit. Ibu hamil juga diwajibkan untuk memeriksakan kesehatannya secara rutin di sarana kesehatan.

Sebanyak 200 ibu hamil dengan duduk santai mengikuti penyuluhan kesehatan. Penyuluhan dilakukan Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang pada 10 & 11 April 2019 ini di Aula Perpustakaan dan Arsip Daerah Tanjungpinang.

Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang, Rustam mengatakan penyuluhan dilakukan dengan tiga materi utama. Yakni, pengenalan tanda bahaya kehamilan, persalinan dan nifas, pemberian Air Susu Ibu (ASI) eksklusif dan latihan prenatal yoga.

Dengan memahami tanda dan bahaya kehamilan, persalinan dan nifas diharapkan para ibu hamil dapat mendeteksi secara dini masalah kesehatan yang dialami. Serta mencari pertolongan yang tepat dengan segera sehingga terhindar dari ancaman kesehatan yang fatal dan kematian.

Sedangkan materi ASI eksklusif, ia berharap dapat memberikan bekal kepada Ibu tentang pentingnya ASI serta bagaimana kiat sukses menyusui dalam rangka tumbuh kembang yang optimal bagi bayinya

”Prenatal yoga diharapkan dapat meningkatkan kebugaran dan kesiapan ibu hamil untuk terlaksananya persalinan,” ujarnya. (bas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here