Ibu-ibu Ikuti Sosialisasi Saber Pungli

0
612
PARA ibu yang tergabung dalam Dharma Wanita Kabupaten Anambas ketika mengikuti sosialisasi tentang Saber Pungli.F-ISTIMEWA

ANAMBAS – Kelompok Kerja (Pokja) Pencegahan Saber Pungli Kabupaten Anambas melakukan sosialisasi terhadap sejumlah pengurus dan anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Anambas.

Acara digelar di aula Kantor Bupati Anambas, Sabtu (13/1). Dalam sosialisasi itu, sebagai narasumber di kegiatan tersebut yakni Drs Mirwansyah untuk pencegahan dan Iptu Afrizal sebagai narasumber penindakan. Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan sesi terakhir diisi tanya jawab dari sejumlah peserta terkait sejumlah iuran yang dilaksanakan oleh setiap sekolah.

”Kita harus sampaikan kapada ibu-ibu terkait kinerja Saber Pungli dan terlebihnya kita fokus terhadap pencegahan ketimbang penindakan,” kata Drs Mirwansyah, ketika menyampaikan materi pencegahan, Sabtu (13/1).

Baca Juga :  Pemkab Tak Tegas, Nelayan Kelimpungan

Ia menjelaskan, materi yang disampaikan di acara tersebut yakni pemberantasan pungutan liar (Pungli) di segala dini.

Mirwansyah juga mengatakan, kegiatan yang di luar program kerja dan yang tidak disusun hasil dari kesepakatan hasil keputusan maka dinilai sebagai tindakan pungli.

Ia mencontohkan, di kegiatan sekolah tidak dibenarkan memungut iuran perpisahan bagi siswa yang dinilai lulus sekolah atau kepada siswa lainnya.

Jika ingin dilakukan juga, maka wali murid dan sejumlah pihak harus melakukan rapat dan membuat suatu kesepakatan persetujuan terlebih dahulu.

Baca Juga :  Inspektorat Target APIP ke Level III

Tapi ia menyarankan, agar kegiatan semacam itu tidak perlu lagi dilakukan agar tidak melanggar peraturan yang berlaku.

”Kita hanya menyampaikan beberapa contoh tindakan yang bisa dinilai sebagai perbuatan pungli. Meskipun tidak disengaja maupun disengaja, lebih baik menghindar ketimbang melanggar peraturan yang berlaku terkait pungli,” sebutnya.

Selain itu, para peserta yang mengikuti sosialisasi sudah cukup mengerti dan mereka juga akan menyampaikan tentang hal ini kepada warga lain supaya Anambas terbebas dari perbuatan pungli. (end)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here