ICMI Akan Gelar Diskusi Pemilu Bermartabat

0
143
Ridarman Bay

TANJUNGPINANG – Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Orda Tanjungpinang akan menggelar diskusi politik mengenai ”Pemilu Bermartabat.” Diskusi ini akan menghadirkan beberapa pengurus ICMI yang memahami masalah pemilu dan pernah menjadi pelaku pemilu. Acara tersebut akan digelar akhir Oktober 2018.

”Kita akan buat diskusi ilmiah bagaimana menciptakan pemilu di Tanjungpinang secara bermartabat,” ujar Sekretaris ICMI Tanjungpinang Ridarman Bay, kemarin di Tanjungpinang.

Menurut Ridarman narasumber yang akan jadi pembicara yakni pengamat politik dari Stisipol Raja Haji Tanjungpinang Zamzami A Karim, mantan Ketua KPU Tanjungpinang yang juga mahasiswa program doktor University Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM) Robby Patria dan dari akademisi UMRAH.

Peserta yang akan diundang adalah siswa-siswa SMA di Tanjungpinang dan juga mahasiswa maupun dari parpol se-Tanjugpinang. Ditargetkan peserta melebihi 200 orang.

ICMI sebagai lembaga cendekiwan, jelasnya, harus memberikan pencerahan kepada masyarakat Tanjungpinang melalui penyebaran nilai-nilai intelektual melalui kajian kajian ilmiah.

”Diharapkan generasi muda di Tanjungpinang dapat memahami pentingnya pemilu dalam rangka mengevaluasi kepemimpinan suatu daerah. Jika anggota DPRD yang sudah hampir lima tahun dianggap tidak berfungsi selayaknya anggota dewan, maka di pemilu inilah mereka layak untuk diganti dengan yang lebih baik,” ujar mantan anggota KPU Provinsi Kepri itu.

Masalah pemilu ini, katanya, sangat penting untuk dijaga bersama sama oleh seluruh lapisan masyarakat. ”Jadi bukan hanya tugas KPU dan Bawaslu yang wajib menjaga pemilu berlangsung bermartabat, damai, luber, maupun berintegritas, tapi organisasi seperti ICMI tidak boleh diam melakukan kontrol kepada penyelenggara pemilu dan menyebarkan nilai-nilai demokrasi di tengah masyarakat,” ungkap Ridarman.

Guna menambah nilai diskusi itu, maka ICMI menghadirkan mantan penyelenggara pemilu yang sudah sukses melaksanakan pilkada Tanjungpinang maupun dari pengamat politik terkemuka di Kepri. (pat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here