Idola Mempengaruhi Identitas Remaja Muslim

0
1442
Dewi Susanti

Oleh: Dewi Susanti
Masiswi STIE Pembangunan, Tanjungpinang

Pada hakikatnya perjalanan kehidupan manusia tidak akan lepas dari peran dan keberadaan orang lain. Karena manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa lepas dari bantuan atau pertologan orang sekitar. Itu adalah fitrah dari manusia sendiri. Manusia biasanya dalam perjalanan kehidupannya mempunyai idola.
Biasanya idola adalah seseorang yang dikagumi dan disukai dari sikap dan tindakannya oleh orang yang mengidolakan.

Sehingga orang yang mengidolakan dapat meniru dan membuat pola kehidupannya tidak jauh berbeda dari yang diidolakan. Masa remaja merupakan masa yang mudah sekali terpengaruh oleh lingkungan sekitarnya baik yang positif maupun yang negatif. Salah satu faktor lingkungan yang berpengaruh bagi kehidupan remaja adalah Idola.
Saat ini, banyak remaja-remaja khususnya Remaja Muslim yang mengidolakan public figure seperti artis sinetron, penyanyi dsb. Mereka cenderung untuk memuja dan meniru sosok yang menjadi idolanya tersebut.

Baca Juga :  Adab di Era Milenial

Padahal seperti yang kita ketahui kebanyakan cara hidup artis sinetron maupun penyanyi jauh dari nilai-nilai Islam. Terutama, dari segi gaya atau penampilan. Contohnya, cara berpenampilan artis perempuan yang menampakan auratnya dan artis pria yang tidak ada batasan dalam bergaul dengan perempuan dan yang menjadi mirisnya lagi tidak jarang artis yang dijadikan idola bagi remaja tersebut terlibat khasus penggunaan narkoba, pelecehan sexsual, kekerasan dsb.

Pengaruh dari prilaku remaja baik positif dan negatif tergantung remaja itu sendiri mengidolakan sosok yang baik atau tidak pada idolanya tersebut, serta bagaimana remaja menempatkan dirinya dan idolanya pada porsi yang sesuai. Untuk itu, peran seorang idola cukup berpengaruh bagi kepribadian seorang Remaja.

Baca Juga :  Menilik Investasi Jembatan Babin dan Tanjungsauh

Maka, sebagai remaja muslim harus hati-hati dalam memilih seseorang yang dijadikan idolanya, melihat dari segi ketaqwaanya kepada ALLAH harus menjadi alasan utama ia menjadikan seseorang tersebut idola bagi dirinya, karena dengan hal tersebut seorang remaja Muslim akan mendapatkan sempurnaan keimanan, sehingga tercapailah Ridho serta selamatlah ia dari pengaruh Negatif dari seseorang idola yang salah. ***

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here