Ikan Bilis Kini Laris Manis

0
1040
PEDAGANG menjual ikan bilis kepada pembeli, di pasar Kota Lama, kemarin.f-raymon/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – PENJUALAN bilis di pasar Kota Lama Tanjungpinang meningkat, sejak stok dan pasokan ikan bilis bertambah. Menurut Asun seorang pedagang di pelantar, penjualan meningkat karena pembeli banyak yang berminat terhadap ikan bilis yang baru ditangkap atau dipasok oleh nelayan.

”Lumayan meningkatnya, jika dibandingkan dengan beberapa bulan terakhir,” kata Asun, kemarin.

Menurutnya, walaupun pasokan ikan bilis belum terlalu banyak, namun untuk stoknya masih mencukupi. Untuk harga ikan bilis bervariasi, mulai dari harga Rp 80 ribu hingga Rp 180 ribu. Tergantung dari ukuran dan kualitas ikan bilisnya. ”Ikan bilis berasal dari daerah pulau seperti pulau Karas, Dabo, Senayan Pancur, Berakit dan Trikora,” sebutnya.

Baca Juga :  Penambang Minta Tambahan Life Jacket

Asun menyebutkan, pada musim angin utara, para nelayan dan kelong apung tidak turun. Sekarang angin mulai reda, nelayan sudah mulai melaut. Harga ikan bilis kembali normal. Namun sebelumnya, ketika stok bilis tidak ada, harga naik sekitar Rp 5 ribu. Sesuai dengan harga pasaran yang biasa dijual oleh para pedagang.

Ikan bilis ini juga menjadi oleh-oleh para wisatawan yang berkunjung ke Tanjungpinang. Asun menyebutkan, para wisatawan berbelanja ditoko sering meminta untuk dilakukan packing agar mudah dibawa menggunakan pesawat. ”Paling sedikit membeli satu kilo, kalau musim liburan banyak orang luar yang berbelanja di tempat kita,” ujarnya.(RAYMON)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here