Ikan Tenggiri Rp 100 Ribu per Kilo

1
1520
MERAPIKAN dagangan: Pedagang ikan di Bincen merapikan ikan dagangan di lapak pedagang ikan. F-Andri Dwi S/TANJUNGPINANG POS

TANJUNGPINANG – Harga ikan laut kini mengalami kenaikan. Hal ini disebabkan, stok yang sedikit dari para nelayan. Hal ini seperti yang terlihat di Pasar Bestari Bintancentre (Bincen) Tanjungpinang, Kamis (12/10).

Kini harga ikan tenggiri mencapai Rp 100 ribu per kilo dari harga sebelumnya sekitar Rp 70 atau Rp 60 ribu per kilo. Hal ini dikatakan Yoka, salah pedagang ikan laut kepada Tanjungpinang Pos saat di jumpai di kios dagangannya.

Begitu juga dengan ikan laut jenis lainnya mengalami kenaikan, hanya tidak signifikan. Di antaranya, ikan amoy, kaci, tenggiri, selar, selikur, tamban, kembung hingga mata besar. Kenaikan harga ikan laut sudah terjadi satu pekan belakangan ini.

Baca Juga :  Harga Sayur di Pasar Bincen Turun

Harga ikan amoy kini di kisaran Rp 30 ribu hingga Rp 35 ribu, dari harga sebelumnya hanya Rp 28 ribu per kilo. Ikan tamban naik Rp 3 ribu, dari harga sebelumnya Rp 13 ribu hingga Rp 15 ribu menjadi Rp 18 ribu per kilo. Sedangkan, jenis ikan kaci, selar, selikur, mata besar, dan ikan kembung mengalami kenaikan harga Rp 5 ribu per kilo.

Saat ini, harga ikan kaci kisaran Rp 33 ribu hingga Rp 35 ribu, dari harga sebelumnya hanya Rp 28 ribu per kilo. Ikan selikur dari Rp 28 ribu kini menjadi Rp 33 ribu per kilo. Ikan mata besar dari Rp 25 ribu menjadi Rp 30 ribu per kilo. Ikan kembung dari Rp 35 ribu menjadi Rp 40 ribu per kilo. Ikan selar dari Rp 40 ribu menjadi Rp 50 ribu per kilo.

Baca Juga :  Bunga Hias Dipertanyakan

”Kenaikan harga ikan tenggiri drastis, dari Rp 60-70 ribu kini menjadi Rp 100 ribu per kilo,” ucap dia.

Penyebab kenaikan harga ikan, dikarenakan kondisi cuaca saat ini membuat hasil tanggkapan nelayan lebih sedikit bila dibandingkan hari biasanya.

Saat ini masuk pancaroba, dari angin Selatan ke angin Utara. Perubahan ini membuat angin kencang terjadi di laut. ”Biasanya saya bawa ikan dari satu nelayan 100 kilo. Sekarang hanya bawa 40 kilo saja,” terang dia.

Sedangkan ikan bulat putih, kakap merah, tongkol dan udang besar yang dijualnya, tidak mengalami kenaikan. Saat ini, harga ikan bulat putih sekitar Rp 45 ribu per kilo. Harga ikan kakap merah Rp 60 ribu per kilo, tongkol putih kisaran Rp 30 ribu menjadi Rp 32 ribu per kilo. ”Kalau harga udang besar Rp 120 ribu. Ini biasa,” terang dia.(ANDRI DS)

Loading...

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here