Ikuti Lomba Gerak Jalan

0
360
Kadispora Tanjungpinang Djasman

TANJUNGPPINANG – Tahun ini, Pemerintah Kota Tanjungpinang melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kota Tanjungpinang melaksanakan lomba gerak jalan. Pesta rakyat dalam rangka peringatan HUT Kemerdekaan ke-74 RI itu, akan dilaksanakan 24 Agustus mendatang.

Kepala Dinas Kepemuda dan Olahraga Kota Tanjungpinang, Djasman menuturkan, terkait pendaftaran nantinya bisa secara online, sama seperti lomba maraton 10 kilometer. Serta boleh mendatangi Kantor Dispora Centre (DC) di Komplek Pinlang Mas, Batu 9 Tanjungpinang.

”Bagi masyarakat yang terdiri secara kelompok sudah bisa belatih dari sekarang. Persiapan fisik sangat diperlukan,” ujarnya kepadaTanjungpinang Pos, Jumat (19/7).

Djasman menuturkan, ada sedikit perbedaan pada Gelar Jalan Proklamasi 2019 tahun ini. Terdiri dari dua kategori jarak tempuh, yaitu 8 kilometer bagi kaum perempuan dan 17 kilometer untuk laki-laki.

”Jadi dua kategori ini saja. Jarak tempuh 17 kilometer bisa diikuti perempuan namun hanya sebagai komandan. Tidak boleh seluruh anggotanya perempuan,” ucapnya memberi tahu.

Dituturkannya, gerak jalan jarak tempuh 8 kilometer dilaksanakan pagi hari. Setelah itu, dilanjutkan 17 kilometer di malam harinya.

”Kami targetkan lomba gerak jalan jarak tempuh 17 kilo bisa selesai sebelum pukul 24.00 WIB. Jadi setelah itu, para peserta maupun penonton tidak terlalu larut di luar,” tuturnya.

Terkait tidak dilaksanakan lomba gerak jalan jarak tempuh 45 kilometer, berdasarkan berbagai pertimbangan.

”Hasil rapat bersama internal bersama kepala daerah memutuskan jarak tempuh 45 kilometer tidak dilaksanakan,” paparnya.

Alasan mendasar yaitu, khawatir oknum remaja menyalahgunakan waktu. Bukan untuk menonton namun melakukan tindakan yang tidak diinginkan. Misalnya minum-minuman keras, merokok serta kenakalan remaja lainnya.

”Mempertimbangkan hal ini, jarak tempuh 45 kilometer tidak kami laksanakan,” ucapnya lagi.

Terkait keputusan ini, menurutnya seluruh masyarakat bisa mengerti. Ini untuk kebaikan bersama. Alasan kedua, beberapa jadwal ibadah dikhawatirkan bisa terlewat.

”Mudah-mudahan dengan meniadakan jarah tempuh 45 kilometer, tidak menghilangkan kegembiraan masyarakat menyambut HUT RI 2019 ini,” tuturnya.

Terkait kategori peserta, dituturkannya masih sama seperti biasanya. Terdiri dari empat kategori yaitu, pelajar, OPD di lingkungan Pemko Tanjungpinang maupun vertikal dan dari unsur TNI-Polri serta umum.

”Biasanya yang umum ini perwakilan kelompok-kelompok masyarakat, perwakilan RT maupun organisasi,” ucapnya. (dlp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here