Imigrasi Buka Pelayanan di Hari Sabtu

0
117
Pemohon paspor sedang mengantre di kantor Imigrasi untuk membuat paspor. f-raymon/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Kantor Imigrasi Kelas I Kota Tanjungpinang kini melayani pembuatan paspor di hari Sabtu. Masyarakat yang berhalangan datang ke kantor imigrasi pada hari kerja, bisa memproses pembuatan paspornya di akhir pekan.

Kepala Imigrasi Kelas I Tanjungpinang, Hongky Juanda mengatakan, pelayanan hari Sabtu dibuka khusus untuk Sabtu (5/1), kemudian Sabtu (12/1) dan Sabtu (19/1). Artinya, hanya tiga kali saja dan setelah itu tidak berlaku lagi.

Pelayanan pembuatan paspor digelar Sabtu dalam rangka memperingati hari Bakti Imigrasi ke 69.

”Sabtu 5 Januari 2019, Sabtu 12 Januari 2019 dan Sabtu 19 Januari buka buka pelayanan pembuatan paspor dan pelayanan lainnya,” kata Hongky, kemarin.

Ia juga membeberkan, bagi pemohon yang lahir pada 26 Januari mendapatkan kesempatan gratis biaya pembuatan paspor. Biaya pembuatan paspor yakni Rp335 ribu.

Hongky menyebutkan, layanan paspor simpatik berupa layanan paspor dengan sistem antrean Walk In atau datang langsung ke kantor. Pelayanan di hari Sabtu dibuka mulai 08.00 hingga 16.00.

”Gratis untuk yang lahir pada 26 Januari, berlaku hanya untuk satu orang pemohon pertama yang datang di hari tersebut,” sebutnya.

Lanjutnya, setiap harinya kuota pemohon sebanyak 50, apabila jumlah pemohon lebih maka akan dimasukkan ke kuota Sabtu depannya dengan jumlah kuota yang sama.

”Pengambilan paspor dapat dilakukan 3 hari kerja setelah melakukan pembayaran,” sebutnya.

Menurutnya, di hari Sabtu hanya melayani permohonan baru, penggantian habis berlaku dan halaman penuh.

”Tidak melayani penggantian yang dikarenakan hilang, rusak atau perubahan data,” jelasnya.

Hongky menuturkan, pemohon wajib membawa berkas persyaratan yang asli dan fotokopi yang sesuai ukuran A4.

”Adapun persyaratan pembuatan paspor KTP-el, Kartu Keluarga dan akta kelahiran atau ijazah atau akta nikah,” ujarnya. (ray)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here