Imigrasi Deportasi 3 Warga Vietnam

0
345
KETIGA WNA Vietnam yang dideportasi saat akan diberangkatkan kembali ke negaranya dan dikawal oleh petugas Imigrasi. F-ISTIMEWA

KARIMUN – Kantor Kelas II Imigrasi Tanjung Balai Karimun mendeportasi 3 orang Warga Negara Asing (WNA) asal Vietnam, Kamis (11/7). Deportasi dilakukan, setelah ketiga WNA asal Vietnam didapati melakukan pelanggaran undang-undang tentang Keimigrasian.

”Hari ini mereka kami deportasi. Ketiga WNA asal Vietnam itu masing-masing Ttm, Hvn dan Tdc. Mereka dipulangkan ke negaranya pada Kamis (12/7) melalui Jakarta. Dari Tanjungbalai Karimun, mereka terlebih dahulu dibawa petugas ke Batam dan kemudian diterbangkan ke Jakarta pada Kamis (11/7) pagi sekira pukul 08.00 WIB,” kata Kakanim Imigrasi Karimun, Mas Ari.

Pelanggaran yang dilakukan ketiganya adalah, menggunakan Bebas Visa Kunjungan (BVK) tetapi untuk bekerja. Dengan dideportasi, ketiganya tidak dibenarkan masuk Indonesia selama enam tahun.

”Petugas mendapati ketiga orang Vietnam itu, saat melaksanakan pengawasan di kawasan Meral. Kecurigaan petugas muncul, di saat melihat Ttm dan Hvn di sebuah ruko sedang menggunakan pakaian yang kotor layaknya melakukan aktivitas kerja,” terang Mas Ari.

Ia menjelaskan, dua orang bekerja sebagai teknisi mesin kapal tangkap ikan dan 1 orang lagi sebagai penghubung dengan pemberi kerja di Karimun. Sebelumnya, Ttm dan Hvn pernah masuk 5 Juni 2018 dan keluar pada tanggal 27 Juni 2018 menggunakan bebas visa kunjungan dan masuk kembali melalui Pelabuhan Internasional Tanjungbalai Karimun keesokan harinya atau 28 Juni 2018 bersama Tdc. Ini modus mereka untuk mengelabui petugas. (yon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here