Imigrasi Kembali Tolak Lima WNA

0
281
Daniel Maxrinto

2017, 40 Orang Asing Tak Bisa Masuk Tanjungpinang

TANJUNGPINANG – SEBANYAK 40 Warga Negara Asing (WNA) yang hendak berkunjung ke Tanjungpinang, ditolak masuk oleh Imigrasi Tanjungpinang, selama tahun 2017 lalu. Sedangkan Januari sampai April 2018, sebanyak lima orang WNA kembali ditolak masuk ke Tanjungpinang, dengan pelbagai alasan.

Kepala Unit Pendaratan Imigrasi Tanjungpinang, Daniel Maxrinto mengatakan, 40 WNA yang ditolak masuk pada tahun 2017, melalui pelabuhan Sri Bintan Pura itu mayoritas berasal dari Tiongkok, Iran dan Singapura. ”Di awal tahun 2018 ini, ada lima orang WNA yang sudah ditolak masuk ke Tanjungpinang,” sebutnya, Rabu (18/4) kemarin.

Alasan penolakan masuknya WNA ini, lanjutnya, dikarenakan keimigrasian dan paspor habis masa berlaku, tidak kooperatif, tidak sopan dan mengganggu ketertiban umum. Selain itu, ada indikasi WNA menggunakan visa kunjungan, namun tidak memiliki tujuan yang jelas. ”Rata-rata WNA yang ditolak, tidak memiliki tujuan jelas saat berkunjung,” sebutnya.

Dijelaskan Daniel, Imigrasi maupun negara, secara tegas menolak warga asing yang tidak punya kepentingan, untuk datang ke Indonesia, khususnya di Tanjungpinang. Pihaknya terus bekerja sama dengan instansi terkait, untuk mengawasi WNA yang hendak masuk, atau pun yang telah masuk di Indonesia. ”Kami terus tingkatkan pengawasan terhadap WNA,” ujarnya. (RAYMON)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here