Imigrasi Punya Mobil Unit Paspor untuk Orang Sakit

0
664
Loket imigrasi: Suasana loket pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Tanjungpinang. f-raymon/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Kantor Imigrasi Kelas I Tanjungpinang terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya, telah menyediakan alat khusus membuat paspor bagi orang yang sakit. Jadi, orang sakit, tak perlu repot-repot datang ke kantor imigrasi. Pihak Imigrasi akan menjemput dan melakukan perekaman data di rumahnya atau di rumah sakit.

Petugas imigrasi akan mendatangi pemohon untuk melakukan perekaman data melalui fasilitas perangkat mobile unit. Kini, Imigrasi Kelas I Tanjungpinang telah memiliki mobil unit paspor.

Menurut Kepala Seksi Lalu Lintas Keimigrasian Kantor Imigrasi Tanjungpinang Tatok H Sasono mobil paspor ini difungsikan bila ada warga Tanjungpinang yang sedang sakit, namun tidak bisa datang ke kantor Imigrasi untuk membuat paspor.

Tapi mereka ingin berobat ke luar negeri. Imigrasi bukan hanya ingin menyelesaikan pembuatan paspor satu hari selesai untuk orang sakit tapi petugas imigrasi juga kerap menjemput bola. “Pasien tidak harus ke Kantor Imigrasi, tapi justru kami yang datangi untuk mengambil foto dan cap jarinya,” katanya Selasa (26/9).

Menurutnya, syarat untuk membuat paspor bagi orang sakit, cukup ada surat rekomendasi dari dokter atau rumah sakit. Setelah itu, petugas pun akan langsung dikirim Kantor Imigrasi untuk mendatangi pemohon paspor untuk orang sakit tersebtu.

”Keluarga dari pasien datang membawa persyarat pembuatan paspor serta dilengkapi dengan surat rujukan dari dokter rumah sakit,” sebutnya.

Menurutnya, surat rujukan dari dokter atau rumah sakit sangat diperlukan karena petugas imigrasi harus mendapat izin dulu dari rumah sakit untuk melakukan perekaman pasien. ”Untuk wilayah kerja mobil unit paspor sesuai dengan rumah sakit yang ada di Tanjungpinang, kita ada wilayahnya,” jelasnya.

Meski memberikan pelayanan ekstra, tidak ada biaya tambahan yang harus dibayarkan pasien kepada petugas karena telah melayani keperluan paspor mereka di rumah ataupun rumah sakit itu. ”Kalau mendadak ada yang mau berobat ke luar negeri, telepon saya,” tegasnya. (ray)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here