Imigrasi RI dan Malaysia Sidak Pengungsian

0
516
Dirjen Imigrasi RI dan Dirjen Imigrasi Malaysia, Dato Seri Mustafar Bin Haji Ali berbincang dengan salah satu WNA yang mengungsi ke Hotel Hermes di Bintan, kemarin sore.

BINTAN – Dirjen Imigrasi RI Ronny F Rompie bersama Dirjen Imigrasi Malaysia, Dato Seri Mustafar Bin Haji Ali melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di tempat pengungsian Warga Negara Asing (WNA) yang mengungsi di Hotel Hermes Bintan, Rabu (21/3).

Kepada wartawan, Dirjen Imigrasi Malaysia, Dato Seri Mustafar Bin Haji Ali mengatakan Malaysia tidak akan kompromi dengan aktivitas pengiriman Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal.

”Siapapun masuk ke Malaysia, harus dokumen legal. Ke Indonesia begitu juga. Mana-mana negara menerapkan aturan yang sama,” tegas Dato Seri Mustafar kepada wartawan usai mengunjungi imigran asing yang mengungsi di Bintan.

Baca Juga :  Nurdin Pimpin Doa Syukuran

Lebih lanjut Dato Seri Mustafar, Malaysia tentu sangat membuka diri kepada siapapun warga negara lain yang ingin datang ke Malaysia apakah tujuan mencari kerja, namun harus berdokumen legal. ”Kalau ilegal siap-siap kami akan ambil tindakan,” tambah Dato Seri Mustafar.

Bahkan tak hanya itu, saat ini Dato Seri Mustafar menurutnya hampir lebih dari 700 ribu Tenaga Kerja Indonesia yang berada di Malaysia saat ini bermasalah dengan hukum. Dan hampir sering dipulangkan ke tanah air Indonesia.

Menanggapi hal demikian, Dirjen Imigrasi RI Ronny F Rompie menambahkan, pembagian tugas antara negara Malaysia dan Indonesia dalam upaya menyiapkan tempat penampungan baik waga negara asing yang masuk ke Indonesia masing-masing instansi sudah di atur tanggungjawabnya.

Baca Juga :  KEK Diresmikan, Serap 23.200 Naker

Ini salah satu penerapan Peraturan Presiden Nomor 125 tahun 2016 tentang Penanganan Pengungsi dan Pencari Suaka. Imigrasi bekerja sama dengan IOM menyiapkan community house. ”Kita akan pulangkan ketika negara tempat tinggal mereka sudah aman,” terang Ronny.

Menanggapi Malaysia intensif mengawasi masuknya Tenaga Kerja Indonesia ilegal yang masuk ke negaranya, Ronny menanggapi serius. Bahwa siapapun mereka tak hanya Malaysia melainkan Indonesia akan menerapkan sistem yang sama. ”Kita sedang upayakan TKI bermasalah di Malaysia yang bermasalah, pelan-pelan bersama instansi terkait kita pulangkan,” jelas Ronny.

Baca Juga :  Harus Mampu Bawa Investor

Kunjungan Dirjen Imigrasi Malaysia ke Indonesia hari ini sebagai bentuk sama-sama dilakukan perbincangan kerja sama cara penyelesaiannya. (ais)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here