Imigrasi Terapkan IVA Buat Paspor

0
279
Pihak Imigrasi memaparkan sistem kerja program IVA. f-raymon/tanjungpinang pos

Sepanjang 2018, Ada 18.678 Paspor Diterbitkan

TANJUNGPINANG – Warga Tanjungpinang yang membuat paspor dari tahun ke tahun meningkat.

Sepanjang tahun 2018, Imigrasi kelas I Tanjungpinang telah menerbitkan 18.678 paspor Republik Indonesia 48 halaman. Pada tahun 2017 sebanyak 16.879 paspor. Peningkatan ini tidak hanya karena ada warga yang berobat ke luar negeri, tapi juga banyaknya warga yang berliburan ke luar negeri, ke Singapura dan Malaysia, di bulan tertentu.

Hal ini diungkapkan Kepala Imigrasi kelas I Tanjungpinang, Hongky Juanda, kemarin.

”Jika dibandingkan jumlah ini meningkat dari tahun sebelumnya,” kayanya.

Hongky menyebutkan, untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, kini di Kantor Imigrasi Kelas I Tanjungpinang meluncurkan program Imigration Virtual Assistant (IVA). IVA sebuah layanan informasi secara otomatis yang dapat memudahkan masyarakat untuk mengetahui informasi keimigrasian.

”IVA ini menggandeng aplikasi sosial media Line di @imigrasi_tgpinang, gunanya untuk memberikan informasi terkait prosedur pembuatan paspor secara online tanpa harus datang langsung ke kantor Imigrasi,” katanya.

Menurut staf Informasi Teknologi Kantor Imigrasi Kelas I Tanjungpinang, Ilham menjelaskan, teknologi yang digunakan dalam IVA yaitu perpaduan antara platform Chatbot dengan Artifical Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan IVA menjawab. (ray)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here