IMKL Bantu Promosikan Kampus di Lingga

0
447
RATUSAN pelajar mendengarkan materi sosialisasi tentang perguruan tinggi yang disampaikan mahasiswa yang tergabung dalam organisasi IMKL. F-ISTIMEWA/tanjungpinang pos

LINGGA – Ikatan Mahasiswa Kabupaten Lingga (IMKL) di Tanjungpinang menggelar sosialisasi terkait peguruan tinggi ke beberapa sekolah yang ada di Lingga.

Sosialisasi itu bertujuan memberikan gambaran kepada siswa yang akan lulus nantinya. IMKL terdiri dari mahasiswa, yang menempuh pendidikan tinggi di Kampus Sekolah Tinggi Sosial dan Ilmu Politik (Stisipol) Raja Haji serta Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH).

Ketua Pelaksana sosialisasi, Riko Septiadi mengatakan, sosialisasi terkait lokasi perguruan tinggi, kondisi kampus serta biaya-biaya yang diperlukan.

Termasuk organisasi dan juga beasiswa, jika memungkinkan. Sosialisasi dilakukan di SMA Negeri 1, Madrasah Aliyah serta SMK di Daik Lingga.

”Kami yakin informasi diberikan akan sangat bermanfaat, apalagi bagi siswa yang belum merantau atau ke luar daerah,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, Selasa (23/1).

Siswa juga antusias, terbukti dengan adanya pertanyaan lain, seperti fakultas dan jurusan yang tersedia. Biaya pendaftaran serta terkait transportasi dan tempat tinggal. Ini artinya, para siswa memiliki niat melanjutkan pendidikan ke janjang perkuliahaan.

”Harapan kami dari IMKL sosialisasi ini bisa menjadi bahan referensi bagi adek-adek pelajar di Lingga. Sehingga, nantinya tepat memilih jurusan atau program studi,” ungkap Riko yang didampingi delapan mahasiswa lainnya yang ikut serta.

Ia menilai, kegiatan ini penting, mengingat anggota IMKL merupakan anak Lingga, sehingga perlu memberikan motivasi kepada anak-anak lainnya.

Mereka yang tergabung di IMKL berasa dari berbagai program studi di Tanjungpinang. Sehingga, komposisi penyampaian materi tentang fakultas dan program studi bisa diberikan kepada mahasiswa.

”Kita mau tumbuh bersama menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) baik memajukan daerah, secara umum Indonesia,” paparnya.

Jangan sampai, banyak siswa yang tak berani mengambil langkah kuliah ke luar daerah, karena minimnya informasi. Ketua IMKL dan juga mahasiswa Stisipol Raja Haji, Norbaryansyah alias Ryan menambahkan, pada kesempatan sosialisasi itu juga disertakan sesi tanya jawab.

Secara garis besar, pelajar yang mengikuti sosialisasi, bertanya terkait mekanisme masuk perguruan tinggi. Sebab, setiap tahun ini menjadi hal yang di khawatirkan.

Sehingga, penting untuk diketahui oleh kalangan pelajar tentang mekanismenya. Serta bila perlu gambaran soal dan lainnya. Ini semua tergantung dari jurusan yang akan diambil

”Kita berharap, pelajar yang mengikuti sosialisasi jangan takut dengan proses tes, semua bisa asalkan sejak kini belajar dan mendalami jurusan yang akan diambil,” tuturnya.

Terkait yang memiliki keterbatasan biaya, namun pintar bisa mengambil beasiswa Bidik Misi yang merupakan program pusat. (abh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here