Imunisasi Lengkap, 200 Anak Dapat Piagam

0
529
Walikota Tanjungpinang H Syahrul didampingi Ketua PKK Tanjungpinang Hj Juwariyah Syahrul dan Wakil Walikota Tanjungpinang Hj Rahma menyerahkan penghargaan kepada anak didampingi orangtuanya.

TANJUNGPINANG – Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes Dalduk dan KB) Kota Tanjungpinang menggelar Kampanye Imunisasi Dasar Lengkap Tahun 2019 dengan mengangkat tema ‘Imunisasi Lengkap Indonesia Sehat’.

Kegiatan tersebut digelar di Aula Asrama Haji Tanjungpinang, Jumat (13/9) yang dihadiri Walikota Tanjungpinang H Syahrul didampingi Wakilnya Hj Rahma serta Ketua PKK Tanjungpinang Juwariyah Syahrul.

Pada kesempatan itu, 200 anak yang didampingi orangtua menerima piagam penghargaan karena menerima imunisasi dasar lengkap. Mereka merupakan perwakilan dari tujuh puskemas yang berada di Tanjungpinang.

H Syahrul mengatakan, imunisasi dasar wajib diberikan kepada seorang anak. Tidak hanya bermanfaat untuk individu anak akan tetapi juga mempunyai manfaat yang lebih luas, yaitu melindungi keluarga dan masyarakat di sekitarnya.

Baca Juga :  Peduli Perintah Dinas Menghiasi Prajurit Dalam Bersosmed, Komandan Lanudal Tanjungpinang Laksanakan Apel Khusus

”Dengan Kampanye Imunisasi Dasar Lengkap ini, kita berharap bisa menumbuhkan kesadaran masyarakat membawa setiap anak menerima imunisasi,” ujarnya di hadapan masyarakat yang hadir.

Ia mengingatkan kepada setiap orangtua agar memberikan imunisasi dasar dan imunisasi lanjutan, sehingga berbagai penyakit dapat dicegah dengan imunisasi. Lanjut Syahrul, di Indonesia tiap bayi di bawah umur satu tahun wajib melengkapi lima jenis imunisasi dasar.

”Idealnya, tidak boleh ada anak yang tidak mendapat imunisasi,” ucapnya.

Diantaranya, vaksin hepatitis B, vaksin polio, vaksin TBC (BCG), vaksin campak, dan vaksin kombinasi (pentavalen DPT-HB-HiB). Masing-masing berguna mencegah penyakit tersebut.

Ia menuturkan, imunisasi dasar ini akan dilanjutkan pada saat anak berusia 18 bulan dan saat anak sekolah di SD/MI (Kelas 1, 2 dan 5 SD).

Baca Juga :  2020, Lapas Anak Pindah ke Tanjungpinang

”Imunisasi lanjutan ini berguna untuk memperpanjang masa perlindungan dan meningkatkan kekebalan anak terhadap penyakit yang sudah didapatkan sebelumnya,” tuturnya.

Kadinkes Dakdul dan KB Tanjungpinang, Rustam, menuturkan, imunisasi merupakan salah satu upaya intervensi efektif untuk mencegah penyakit cacar dan wabah yang menyebabkan kematian.

”Dengan imunisasi anak bisa terhindar dari berbagai penyakit. Capaian program imunisasi dalam kurun waktu 10 tahun terakhir ini cukup baik, bahkan Kota Tanjungpinang pernah memperoleh penghargaan sebagai kota yang memiliki capaian dan pelaksanaan imunisasi terbaik nasional,” ungkap Rustam.

Ia juga mengatakan walaupun pernah memperoleh predikat terbaik atas capaian tersebut, harus dipertahankan dengan mengajak kepada masyarakat khususnya orangtua untuk memberikan vaksin dengan rutin membawa anak ke posyandu untuk diimunisasi.

Baca Juga :  Antrean Pasien Masih Panjang

”Kami akan terus mensosialisasikan pentingnya imunisasi di masyarakat,” tuturnya.

Salah satu orangtua anak yang menerima penghargaan, Petty menuturkan, bahwa imunisasi dasar diberikan sesuai dengan yang disarankan pemerintah.

”Jadwal imunisasi dasar anak saya berikan sesuai waktu. Bahkan untuk jenis tertentu saya juga bawa anak ke dokter spesialis anak. Misalnya anti virus dan lainnya,” tutur anak bungsu H Syahrul tersebut. (dlp)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here