Incar Gelar Ratu dan Raja Renang Kepri

0
331
Para atlet renang dari lima kabupaten/kota berlaga di Porprov di kolam renang Dendang Ria Tanjungpinang, kemarin. f-istimewa

Pinang Sudah 10 Emas

Atlet renang Tanjungpinang kembali membuktikan sebagai raja dan ratu renang di Kepulauan Riau (Kepri). Dihari pertama pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) cabang renang, dari 16 nomor yang dipertandingkan sementara, di kolam renang Dendang Ria, Rabu (28/11).

TANJUNGPINANG – Atlet renang Tanjungpinang sudah meraih 10 medali emas. Batam sendiri sebagai pesaing berat, baru meraih lima emas. Sisa 16 nomor atau 16 medali emas lagi yang diperebutkan Kamis (29/11) hari ini.

Tanjungpinang incar 10 medali emas lagi. Emas pertama di sumbangkan Zafir Farham Kamis yang turun di 200 meter gaya bebas, dengan catata waktu 02.51.33 menit. Emas kedua disumbangkan oleh perenang putri atas nama Nabila Felisa Maheswari turun di nomor 200 meter gaya bebas dengan catatan waktu 02.51.33 menit. Emas ketiga disumbangkan oleh Muhammad Farham yang turun di 50 meter gaya kupu-kupu dengan catatan waktu 00.28.77 detik.

Emas keempat disumbangkan oleh Aulia Rahmad yang turun di 200 meter gaya punggung putra dengan catatan waktu 02.43.89 menit. Emas kelima disumbangkan oleh Fadil Arvia Albahrin turun di 100 metar gagay kupu-kupu dengan caatan waktu 01.15.90 menit. Dan, emas keenam disumbangkan oleh Nabila Felisa Maheswari yang turun di 100 meter gaya kupu-kupu dengan catatan waktu 01.26.86 menit.

Medali emas bagi Batam disumbangkan oleh Anita Talia di 50 meter gaya kupu-kupu putri dengan catatan waktu 00.35.69 detik. Emas kedua bagi Batam diraih perenang Faiza Azzahra 200 meter gaya punggung dengan catatan waktu 03.26.45 menit. Dan, Anita Talia yang kembali turun di 50 meter gaya dada putri waktu 00.43.88 detik.

Halim, Ketua Pengurus Kota (Pengkot) Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Tanjungpinang, mengatakan semua atlet dalam kondisi sehat. Dan, siap memberikan yang terbaik bagi daerahnya. Dari 16 sisa nomor belum dipertandingkan, atlet Tanjungpinang incar 10 emas lagi.

”PRSI menargetkan kita juara umum di cabang renang,” ujarnya.

Sambung dia, selama ini, persaingan medali di cabang renang cukup ketat antara Tanjungpinang dan Batam. di Pekan Olahraga sebelumnya tahun 2014 di Karimun, medali emas yang diraih Tanjungpinang dan Batam sama, cuma perak lebih unggul Batam.

”Kita juga berterima kasih kepada orang tua atlet yang banyak berkorban demi prestasi anaknya,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris PRSI Kepri juga koordinator cabang renang di Porprov Kepri, Ali Amran menjelaskan di cabang renang ada 34 medali emas, untuk putra dan putri yang diperebutkan. Dua daerah absen tidak mengirimkan atletnya, Anambas dan Natuna. ”Atletnya berumur 21 tahun ke bawa. Kita mencari perenang tercepat untuk disiapkan di Porwil dan PON mendatang,” ujarnya.

Sambung dia, ia juga prihatin melihat sebagai daerah kepulauan, rata-rata masyarakatnya sudah mengenal olahraga renang, namun sarana dan prasana masih minim. Bahkan ia mengharapkan cabang renang masuk dalam program Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) seperti cabang lainnya. Ada sumber dana untuk PPLP, ada dana dari APBN seperti untuk cabang sepak takraw dan Tanjungpinang. Ada juga dana PPLP dari APBD Provinsi, seperti dayung, pencak silat dan beberapa olahraga lainnya.

”Kita daerah kepulauan tapi kenapa renang tidak masuk ke dalam program PPLP,” ujarnya. Kemudian, cabang renang adalah olahraga yang paling banyak menyediakan medali, selain cabang pencak silat.

Sementara itu, Ketua KONI Tanjungpinang Adnan, menargetkan 79 mendali emas pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kepulauan Riau ke-IV di Tanjungpinang.

Menurutnya, persiapan untuk menghadapi event empat tahun ini sudah berlangsung lama.
Meskipun, sebelumnya KONI Kepri mengumumkan Porprov tidak jadi dilaksanakan. Dan, para atlet dan pelatih juga sudah siap memberikan yang terbaik bagi daerah. (ABAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here