Infrastruktur Jadi Kendala Pengembangan Pariwisata

0
865
PANTAI: Salah satu pantai di Pulau Anambas menjadi satu potensi wisata yang menarik untuk dikembangkan. F-DOKUMENTASI/ TANJUNGPINANG POS

ANAMBAS – SEBAGAI daerah yang memiliki potensi wisata yang besar, hingga kini sektor pariwisata Kabupaten Anambas belum didukung oleh infrastruktur yang memadai. Dampaknya, sejumlah kawasan wisata di pulau-pulau enggan dikunjungi wisatawan mancanegara maupun domestik. Padahal, pulau-pulau tersebut memiliki kawasan pantai yang indah serta dan ekosistem bawah laut yang indah tentunya dapat menarik wisatawan untuk datang ke pulau-pulau.

Minimnya infrastruktur dan sarana transportasi dan lainnya, menjadi persoalan utama yang hingga kini belum terselesaikan. Anggota Komisi III DPRDKabupaten Anambas Raja Bayu Febri Gunadian SE mengatakan, saat ini fasilitas penunjang di spot-spot pariwisata khususnya di kawasan pulau-pulau masih minim. Sehingga, membuat daerah yang indah tersebut enggan dikunjungi oleh wisatawan.

”Masih terdapat sejumlah pulau yang tidak ada fasilitas penunjang, seperti tidak ada pelabuhan, serta tersedianya air bersih dan tempat untuk berganti pakaian,” ujar Bayu, Selasa (4/7). Karena tidak memiliki sarana pendukung itu, tentunya menjadi kendala bagi wisatawan untuk pergi ke pulau-pulau. Menurutnya, pulau-pulau tersebut juga ditinggali beberapa masyarakat. Namun, jika pemerintah daerah berniat mengembangkannya dapat berkoordinasi dengan masyarakat untuk membangun pelabuhan serta fasilitas lain.

”Kita udah ada data pulau-pulau tersebut milik siapa, jadi dapat di koordinasikan dengan masyarakat setempat. Jika membangun Gazebo mahal, maka bisa membangunkan pelabuhan sederhana untuk sementara,” terangnya. Sarana pelabuhan dinilai penting, dengan pelabuhan wisatawan bisa langsung turun pulau tesebut dekat dengan pantainya.
Selain itu, sumber air bersih juga sebagai pendukung kelangsungan majunya kawasan wisata.

Lanjut Bayu, untuk saat ini banyak wisatawan domestik lebih memilih lokasi yang dekat dengan kota, seperti Arung Hijau, Air Terjun Temburun, serta yang terdekat Pantai Pasir Manang untuk berlibur. Padahal, Anambas itu banyak sekali spot-spot wisata yang menjadi potensi untuk dikembangkan.

”Untuk masyarakat lokal itu cendrung lebih memilih pada lokasi yang dekat, serta ada fasilitas penunjang bisa dilihat pada Air terjun temburun. Kendati tidak terawat, namun masyarakat lebih cendrung kesana karena ada air dan tempat ganti pakaian,” ungkapnya. Sejumlah Pulau yang ada di Anambas, memiliki karakteristik dan keunikan tersendiri. Hanya saja, tinggal bagaimana pemerintah memolesnya agar menjadi kawasan wisata yang ramai pengunjung. Pasalnya, minat wisatawan tinggi namun tidak dibarengi dengan infrastruktur yang menunjang

”Kita DPRD mendukung hal itu, karena sangat disayangkan jika potensi indah yang ada tidak dapat dinikmati baik wisatawan lokal maupun manca negara karena kekurangan fasilitas di kawasan wisata tersebut,” imbuhnya.(INDRA GUNAWAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here