Ingatkan Kembali Kejayaan Sungai Carang

0
677
BACA PUISI: Gubernur Kepri H Nurdin Basirun, Rida K Liamsi, Suryatati A Manan saat membaca puisi di FBK 2016 lalu. f-suhardi/tanjungpinang pos

Budayawan berkolaborasi di panggung penyair fbk 2017

Salah satu kegiatan dalam rangkaian Festival Bahari Kepri (FBK) tahun 2016 adalah Penggung Penyair yang akan digelar, Kamis (19/10) di Gedung Daerah Tepilaut, Tanjungpinang.

TANJUNGPINANG – DI tempat inilah nanti berkumpul puluhan penyair terkemuka. Bahkan, lebih menariknya lagi, akan ada kolaborasi penyair dari Provinsi Kepri dan Provinsi Riau.

Barisan tokoh budayawan yang juga para penyair Kepri, Riau dan penyair muda Tanjungpinang bakal turut mengguncang panggung nanti. Jangan dilewatkan momen ini.

Mereka sudah menyepakati bakal menyajikan sebuah kolaborasi apik juga epik puisi-puisi bertemakan Gelegak Muara Sungai Carang. Mereka juga bakal bersaing dengan wali kota dan bupati se-Kepri karena bakal diajak naik ke panggung untuk berkolaborasi.

Baca Juga :  Lintas Negara Ikuti Lomba Dragon Boat

Teja Alhabd, penanggungjawab event Panggung Penyair mengatakan, kali ini mereka mengangkat tema ‘Gelegak Muara Sungai Carang’. Panitia sengaja memilih tema ini dengan tujuan ingin membangkitkan kembali kejayaan Sungai Carang. Sungai Carang dulunya merupakan pusat perdagangan antarnegara.

Kolaborasi penyair dari Kepri dan Riau nanti diharapkan dapat mengembalikan ingatan warga Tanjungpinang betapa Sungai Carang dulu merupakan jalur sibuk karena perlintasan kapal dari berbagai negara.

Sungai Carang merupakan sebuah tapak ingatan tentang keseriusan merawat kebudayaan. Semangat tentang kesadaran ini yang ingin ditularkan oleh para penyair muda ini.

Baca Juga :  18 Orang Bebas, 1.423 Dapat Remisi

”Sungai Carang adalah sumber kehidupan dan peradaban Kepri di masa lampau. Dari sungai inilah kelompok berkembang menjadi kampung, negeri dan bandar yang riuh ramai. Lalu meredup dan nyaris dilupakan umat. Sungai Carang adalah tapak dan jejak sejarah Melayu,” terangnya.

Sungai Carang tidak hanya kuat dari kisah sejarah dan budaya, kawasan ini juga menyimpan potensi wisata alam bahari, terutama untuk wisata kapal pesiar. Panggung penyair semakin menarik, karena kedatangan penyair dari Riau-Pekanbaru. Panggung Penyair bakal makin semarak karena akan hadir juga Presiden Penyair Indonesia Sutardji Calzoum Bachri.

Baca Juga :  Hari Ini, Tiga Rangkaian FSC Digelar

Diharapkan masyarakat yang ada di Kepri, terutama di Tanjungpinang dan Batam hadir menyaksikannya. Kalau tidak hadir, bakal rugi.(ABAS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here