Ini Pesan Mendagri ke Pj Gubernur Jateng

0
237

SEMARANG- Dirjen Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Syarifuddin resmi dilantik oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo sebagai Penjabat Gubernur Jawa Tengah di Gradika Bakti Praja Kantor Gubernur Jawa Tengah.

Mendagri mengatakan, Syarifuddin ini diangkat untuk mengisi kekosongan sampai gubernur terpilih dilantik minggu ketiga atau minggu keempat Sepetember. Agar roda pemerintahan bisa berjalan dan ada penanggungjawab penuh. “Ini sebagai perangakat di bawah Presiden yang memastikan bahwa kebijakan nasional bisa jalan di Jawa Tengah,” kata Mendagri, Kamis (23/8).

Mendagri mengingatakan kepada Syarifuddin untuk tidak mengambil kebijakan yang bertentangan dengan apa yang sudah diprogramkan oleh Gubernur Jateng. “Yang sudah sukses seperti investasi, infrastruktur dan reformasi birokrasi tinggal ditingkatkan, jangan membuat aturan-aturan baru. Karena ini hanya sebulan, tinggal memantapkan yang sudah ada,” tegasnya.

Mendagri juga mengimbau agar Penjabat ini tidak membuat langkah-langkah mengganti personil, kecuali ada yang berhalangan tetap, meninggal itu tidak masalah. “Kalau harus mengambil kebijakan yang startegis saya sarankan untuk konsultasi dengan pak Ganjar atau Sekda dan DPRD,” ujarnya.

Terkait sosok Syarifuddin, Tjahjo mengatakan, dia adalah orang yang konsen punya penguasaan dalam bidang perencanaan. Dan tugas beliau untuk melakukan proses konsolidasi dan memberikan penataran serta pemahaman kepada seluruh pegawai pemda di Jateng untuk merencanakan anggaran dengan baik.

Tjahjo juga berterimakasih kepada Ganjar Pranowo. Dalam penilaiannya, Ganjar dinilai berhasil membuat 90 persen lebih janji kampanyenya sudah terpenuhi. Kata Mendagri memang ada peran pusat karena sinergitas pembangunan harus sejalan antara pusat dan pemda.

“Reformasi berhasil, bagaimana mempertahankan Indeks Prestasi. Selama lima tahun saya kira Pak Ganjar dan Pak Heru berhasil,” ungkapnya.(jek)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here