Inisiatif Jaga Kebersihan Masih Kurang

0
98
SAMPAH berserakan di area TPS yang dibiarkan begitu saja tanpa ada upaya untuk dibersihkan. F-ISTIMEWA

NATUNA – Sudah ada Tempat Pembuangan Sementara (TPS) sampah, namun masih saja sampah berserakan di luar tong TPS tepatnya di samping Kantor Lurah Ranai Darat. Apabila dibiarkan terus menerus, jelas akan jadi sumber penyakit bagi masyarakat ke depannya.

Apalagi kurangnya inisiatif masyarakat tidak membuang pada tempatnya, dan membiarkan sampah tersebut berserakan di pinggir jalan. Hal ini jelas menjadi salah satu penyebab, menyebarnya berbagai penyakit yang dikeluarkan dari tumpukan sampah itu.

”Setiap hari selalu saja ada sampah yang berserakan ke jalan, hal ini jelas jadi sumber penyakit. Apalagi kesadaran masyarakat masih kurang,” ucap Wahyu, warga yang melintas di jalan Ranai Darat, Ranai, Senin (9/7).

Wakyu menyebutkan, dengan dibiarkannya sampah tersebut jelas jadi sumber penyakit dari gatal-gatal sampai penyakit pernafasan apabila dibiarkan terus menerus. ”Kemarin baru saja anak tetangga saya masuk rumah sakit karena saluran pernafasannya terganggu, dan terkena gatal-gatal pada kulit. Katanya salah satu penyebabnya yaitu lingkungan yang tidak bersih,” ucapnya.

Hal senada juga disampaikan Rudi, melihat kurang inisiatif masyarakat akan menciptakan lingkungan bersih masih jauh dari harapan. ”Terbukti masih saja payah untuk membuang sampah pada tempatnya, malah di taruh dijalan begitu saja. Gimana mau menjaga kebersihan kalau sudah tidak cinta kebersihan,” ungkapnya.

Ia hanya bisa berharap, kesadaran akan kebersihan timbul dari diri masing-masing. bukan menyalahkan orang lain. Dari sekarang mulai lah hidup bersih akan lingkungan. ”Sudah saatnya warga sekitar giatkan lagi gotong royong membersihkan sampah yang berserakan di jalan,” harapnya. (hrd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here