Inovator Bintan Wakili Indonesia ke TTG ASEAN

0
163
TIM verifikasi penilai TTG tingkat nasional melihat kepiting dari hasil teknologi tepat guna milik Rio Priyadi, Kamis sore lalu. F-ISTIMEWA

KIJANG – Inovator Teknologi Tepat Guna (TTG) asal Bintan Rio Priyadi (36), akan mewakili Indonesia pada lomba TTG tahun 2018 tingkat ASEAN. Hal ini disampaikan tim verifikasi lomba TTG tingkat nasional, ketika meninjau lokasi rumah kawin kepiting dan konservasi karaya Rio Priyadi, di Kijang, Bintan Timur, Kamis (13/9) sore lalu.

Dalam peninjauan ini, tim verifikasi dari beberapa Kementerian RI menjelaskan, Rio Priyadi merupakan satu dari 5 orang perwakilan Indonesia yang akan mengikuti lomba TTG tingkat internasional (ASEAN), pada tahun 2018 ini. Tim penilai dan verifikator yang meninjau hasil karya Rio Priyadi ini dari Kemendesa RI Eko Herry Waluyo dan Cecep Kurnia.

”Rio bukan saja peserta 10 besar untuk TTG tingkat nasional. Namun, akan mewakili Indonesia untuk bersaing dengan negara lainnya. Namun, dengan inovasi yang berbeda,” ujar seorang tim verifikasi TTG tingkat nasional.

Dikatakannya juga, untuk inovasi rumah kawin kepiting dan konservasi karya Rio Priyadi, sudah masuk 10 besar nasional. Selanjutnya, inovasi teknologi produksi budi daya kepiting bakau dan ranjungan cangkang lunak di daratan, akan diperlombakan pada TTG tingkat ASEAN, yang digelar di Tangerang, tanggal 28-29 September dua pekan mendatang.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Bintan Ronny Kartika merasa bangga, dengan prestasi TTG karya dari Rio Priyadi itu. Tahun 2019 nanti, PMD Bintan menargetkan akan memberdayakan 5 desa di Bintan, sebagai pilot projec dalam pengembangan kepiting yang melibatkan Rio sebagai salah satu konsultan.

”Pengembangan inovasi desa ini, selaras dengan pemikiran Bupati Bintan H Apri Sujadi. Pak Bupati Apri berulangkali menginginkan, agar inovasi teknologi mampu memaksimalkan potensi desa,” jelas Ronny. (fre)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here