Inspektorat Target APIP ke Level III

0
181
Augus Raja UngguL
Inspektorat Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas, menargetkan tingkat kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) naik ke level III.

ANAMBAS – Menyusul, hingga saat ini APIP Anambas masih berada di level II. Sesuai dengan target RPJMN, APIP harus ke level III.

”Insya Allah, tahun 2019 ini kita optimis APIP dapat naik dari Level 2 menjadi level 3,” jelas Augus Raja Unggul, Minggu (17/2).

Sebelumnya, di tahun 2018 pihaknya mendapatkan pengakuan dari Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) yang mendapatkan penilaian dari semua unsur yang telah dimiliki.

Tentunya lanjut dia, apabila telah naik ke level tiga maka peran dan fungsinya akan semakin besar. tidak hanya audit ketaatan dan aturan saja, namun Inspektorat juga bisa memberikan penilaian kepada kinerja pemerintah.

”Fungsi kita juga bisa menilai kinerja dari pemerintah, membuat peran akan semakin besar,” tuturnya.

Di level tersebut, tambah dia, Inspektorat akan memberikan masukan kepada pemimpin apakah kinerja itu baik atau tidak dalam melaksanakan fungsinya.

”Tugas lain yang mesti dilaksanakan adalah, pencegahan korupsi sehingga pemerintah dapat berjalan dengan baik,” terang dia.

Kata dia, pihaknya memberikan pengawasan dan memberikan peringatan dini dimana kelemahan yang terjadi penyimpangan dalam pemerintahan. Disamping itu, fungsi konsultasi dengan memberikan pembinaan pembalikan keuangan dengan membangun sistem yang mendeteksi resiko.

”Kita masih melakukan pencegahan selain mengawasi juga. Kalau ketemu kelemahan di OPD, maka akan langsung diberikan teguran. Apabila OPD komitmen, maka semua berjalan dengan baik,” ujarnya. (INDRA GUNAWAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here