Instansi dan Masyarakat Bersihkan Puing Kebakaran

0
835
GOTONG ROYONG: Beberapa instansi dan masyarakat saat bergotong royong bersihkan puing sisa kebakaran di Kampung Cina, Daik.F-istimewa

LINGGA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga beserta unsur TNI-Polri serta elemen masyarakat, bergotong royong membersihkan puing pasca kebakaran hebat di Kampung Cina di Daik Lingga, Selasa (19/12).

Dalam kegiatan itu, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Pemprov Kepri) serta aparat penegak hukum turut bahu-membahu dengan warga untuk membersihkan kampung yang telah rata dengan tanah.

Koordinator Karya Bhakti Gotong Royong pembersihan Kampung Cina, Pabung Mayor Czi I Putu Suparna B yang juga mewakili Dandim 0315/Bintan mengatakan, gotong royong tersebut diikuti dari masing-masing petugas dari beberapa OPD Pemkab Lingga. Serta dibantu oleh pihak TNI yakni Kodim 0315 Bintan, Koramil 05 Daik Lingga, Polsek Daik Lingga serta masyarakat termasuk warga yang menjadi korban kejadian.

Baca Juga :  Tambang Timah Cemari Sumber Air Bersih PDAM

”Tujuan dari gotong royong ini, agar para pengusaha segera bangkit kembali membuka usahanya. Sehingga, ekonomi berjalan seperti sedia kala,” kata Ia menjelaskan, sisa material kebakaran baik berupa puing kayu bangunan, seng atau atap dan lainnya termasuk pecahan kaca diangkut ke tempat pembuangan sampah (TPS) sementara di Desa Musai, Kecamatan Lingga.

Untuk puing bangunan yang masih berdiri, maka dirobohkan dengan menggunakan alat berat. ”Kita usahakan pembersihan ini selesai pada hari ini juga. Kalau tidak mungkin, kita lanjutkan sampai besok sesuai jadwal. Tapi, kita usahakan selesai secepatnya,” ujar I Putu.

Baca Juga :  Pemkab Bangun Kota Pusaka

Ia berharap, dalam proses pembersihan lokasi Pasar Daik ini tidak ditemukan kendala yang berarti. Sebab, setelah ini lokasi pasar itu kembali akan ditata menjadi sedemikian rupa.

”Intinya dalam pembersihan ini kita ratakan bangunan bekas terbakar tanpa ada tersisa. Agar lokasi jadi bersih dan terhindar dari kata kumuh,” imbuhnya.

Kegiatan ini melibatkan instansi dari pemerintah setempat, sepeti PU, Satpol PP, Dinsos, kepolisian Sektor Daik dan masyarakat sekitarnya. (tir)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here