Institut Teknologi Batam Siapkan Tempat Kos

0
1421
PEMBANGUNAN Kampus Institut Teknologi Batam (Iteba) terus digesa siang dan malam. Ditargetkan lantai satu dari tiga lantai sudah bisa dipakai Oktober mendatang. F-abas/tanjungpinang pos

Menerima Mahasiswa Baru Kuliah Malam

Institut Teknologi Batam (Iteba) masih menerima mahasiswa baru untuk tahun ajaran 2018-2019. Masih dibuka untuk kelas reguler, kuliah pagi hari dan kelas karyawan, kuliah sore hingga malam hari. Manajemen juga menyediakan tempat kos bagi mahasiswa dari luar Batam.

BATAM – Rencananya, mulai perkulihan digelar Oktober ini. Penerimaan mahasiswa baru untuk gelombang III (Juli-Agustus), total biaya per semester mencapai Rp6 juta.

Iteba menjadi lembaga pendidikan teknologi terbesar di Sumatera. Dengan menggandeng Institut Teknologi Bandung (ITB) dalam menyusun kurikulum dinilai sebuah langkah tepat untuk mewujudkannya.

Kampus Iteba hadir dengan suasana kampus yang asri dan menginspirasi dalam kegiatan perkuliahan. Kampus Iteba bersebelahan dengan Kampus Batam Tourism Polytechnic (BTP) Tiban.

Plt Rektor Iteba Dr Ing.Moch. Sukrisno Mardiyanto, DEA, Dilp Ing, mengatakan, saat ini mereka masih menerima mahasiswa baru. Iteba menghadirkan dua fakultas yakni Fakultas Teknologi Industri, jurusan Teknik Industri (S1) dan Manajemen Rekayasa (S1).

Fakultas Teknologi Informasi (S1), jurusannya, Sistem Informasi (S1), Teknik Komputer (S1), Desain Komunikasi Visual (S1) serta Matematika (S1).

Untuk Prodi Studi Teknik Industri bertujuan menghasilkan sarjana yang ahli dalam pengoperasian, perancangan dan aplikasi sistem internal dari manusia, mesin, modal, material, informasi, dan mode kerja di bidang industri, jasa dan pemerintah.

”Alhamdulillah kampusnya terus digesa untuk diselesaikan. Untuk lantai 1 diharapkan bisa difungsikan Oktober mendatang,” kata Dr Ing.Moch. Sukrisno Mardiyanto, DEA, Dilp Ing.

Sambung dia, Fakultas Teknologi Informasi dengan program pendidikan Prodi unggulan ada Sistem Informasi bertujuan untuk menghasilkan tenaga profesional yang ahli dalam memadukan bidang rekayasa, pengelolaan serta aplikasi sistem informasi komputer, sistem penunjang keputusan dan sistem basis data.

Prodi Teknik Komputer bertujuan untuk menghasilkan tenaga profesional yang ahli dalam bidang rekayasa perangkat lunak komputer, inteligensia buatan dan program-program aplikasi komputer yang sangat dibutuhkan oleh industri modern, pemerintah dan bidang swasta lainnya.

Seterusnya Prodi Desain Komunikasi Visual merupakan ilmu komunikasi yang memanfaatkan elemen-elemen visual seperti warna, desain dan etika dengan tujuan membuat pesan tersampaikan secara efektif dan efisien.

Ia berharap ke depan Iteba bisa berkembang dan bekerjasama dengan perguruan tinggi lain. Bahkan jika memungkinkan, bekerjasama dengan perguruan tinggi asing. Sehingga ke depan ada perguruan tinggi swasta yang berstandar internasional. ”Kita terus berkoordinasi dengan salah satu perguruan tinggi di Singapura,” bebernya.

Sambung dia, untuk melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang bisa bersaing dengan lulusan luar negeri, dosen yang mengajar di Iteba nanti juga dari ITB.

Ia juga mengharapkan kehadiran Iteba dapat menjadi sumber ilmu pengetahuan dimana orang yang ingin memiliki kompetensi dan dapat berdaya saing dengan negara asing dilahirkan di kampus itu.

Sebagai perguruan tinggi baru, maka diperlukan adanya kerja sama dengan perguruan tinggi lain yang sudah maju. Sehingga ke depan keduanya dapat menjadi perguruan tinggi berkelas dunia.

Menurutnya, saat ini Iteba masih menerima mahasiswa baru. Sudah lebih dari 100 yang mendaftar, baik dari calon mahasiswa dari Kepri bahkan di luar Kepri seperti dari Lampung dan beberapa provinsi lainnya di Pulau Sumatera. ”Anak Batam dan Kepulauan Riau khususnya akan memiliki pilihan baru untuk menuntut ilmu di perguruan tinggi,” bebernya.

Adapun visi Iteba yaitu menjadi institusi pendidikan tinggi yang terkemuka di bidang sains, teknik, dan desain di Indonesia dan internasional serta menjadi rujukan pendidikan tinggi di daerah Kepulauan Riau.(ABAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here