Introspeksi Diri, Tiru Keteladanan Nabi Muhammad

0
929
MAULID NABI: Jajaran Polda Kepri saat menggelar peringatan Maulid Nabid di Mapolda Kepri di Batam, Rabu (13/12).f-IST/HUMAS polda KEPRI

BATAM – Polda Kepri memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1439 H dilaksanakan di Masjid Al-Halim Polda Kepri, Rabu (13/12) sekira pukul 07.30 WIB.

Kegiatan ini dihadiri Karo SDM Polda Kepri Kombes Pol Djoko Susilo, para pejabat utama Polda Kepri, Ketua Bhayangkari Daerah Kepri beserta pengurus daerah serta anggota Polda Kepri, PNS Polda Kepri dan Bhayangkari. Penceramahnya Ustaz Lasuddin .

Dalam sambutan Kapolda Kepri Irjen Pol Drs. Didid Widjanardi yang dibacakan Djoko Susilo, menyampaikan, sebagaimana diketahui bersama, Maulid Nabi merupakan peringatan hari lahirnya Nabi Muhammad SAW yang dalam tahun Hijriyahnya jatuh pada tanggal 12 Rabiul Awal.

Peringatan ini tidak sekedar seremonial yang dilaksanakan rutin setiap tahunnya akan tetapi secara substansi peringatan ini adalah ekspresi kegembiraan dan penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga :  Pendidikan Agama Harus Prioritas

Dan merupakan media yang tepat guna melakukan instrospeksi juga refleksi diri apakah suri tauladan yang ada pada Nabi Muhammad SAW telah menjadi pedoman dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam setiap perjalanan hidup manusia akan dihadapkan pada ujian dan cobaan, namun demikian setiap ujian yang diberikan senantiasa terdapat hikmah yang memiliki tujuan agar ketaqwaan manusia dapat meningkat.

”Oleh sebab itu, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW kali ini menuntut kita untuk terus meningkatkan amal ibadah baik berupa hubungan vertikal dengan Allah SWT (Habluminallah) maupun hubungan horizontal, sesama manusia (Habluminannas),” ujarnya.

Adapun tema peringatan Maulid Nabi besar Muhammad SAW Tahun 1439 Hijriyah ini adalah “Dengan Meneladani Akhlak Dan Kepemimpinan Nabi Besar Muhammad SAW Kita Wujudkan Sdm Yang Unggul Dan Kompetitif”.

Baca Juga :  Nurdin Minta Dwelling Time Dipersingkat

Sebagai anggota Polri patut menjadikan akhlak dan kepemimpinan Nabi Besar Muhammad SAW sebagai inspirasi revolusi mental dalam pelaksanaan tugas, di samping keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

”Mari kita jadikan kebenaran, kejujuran, kecerdasan dan menyampaikan kepada masyarakat apa adanya sebagai landasan kita bekerja dalam melaksanakan tugas-tugas kepolisian. Hal ini bernilai penting agar kita tidak gamang dan tidak bertindak yang dapat merugikan masyarakat maupun institusi Polri,” pesannya.

Jadikan kebenaran, kejujuran, kecerdasan dan menyampaikan kepada masyarakat apa adanya sebagai nafas kita dalam berkarya sehingga tugas mewujudkan masyarakat yang tertib, aman dan damai yang sedang digalakkan segera terwujud yang pada akhirnya dapat menjadi insan Bhayangkara yang dipercaya dan dicintai masyarakat.

Baca Juga :  Rutin Cek Urine Pegawai

Kepada keluarga besar Polda Kepri yang dipercaya mengemban amanah tugas memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, peristiwa Maulid Nabi Muhammad SAW cukup memberikan pelajaran yang berarti untuk disimak dan dihayati dalam mendukung pelaksanaan tugas kita sehari-hari.

Kegiatan ini sangat relevan saat Polri sedang bergiat diri membangun postur anggota Polri yang Profesional, Modern dan Terpercaya. (mbb/mas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here