Investor Bangun Pabrik Es untuk Nelayan

0
125
HASILl tangkapan nelayan yakni ikan tenggiri di musim utara. f-indra gunawan/tanjungpinang pos
Investor akan membangun pabrik es di Desa Landak, Kecamatan Jemaja Kabupaten Kepulauan Anambas yang akan dihasilkan 10 ton es. Sejumlah fasilitas, akan dibangun oleh investor untuk mendukung nelayan.

ANAMBAS – Kepala Desa Landak Kecamatan Jemaja Kabupaten Kepulauan Anambas, Amirullah mengatakan, pihak perwakilan investor sudah melakukan survei dan telah membuat perencanaan pembangunan gudang untuk mesin pabrik tersebut.

”Gedung pabrik lama akan dijadikan ruang kantor, dan gudang untuk fasilitas pabrik. Sedangkan, untuk gedung mesinnya akan dibangun oleh investor tersebut,” kata Amirullah kepada Tanjungpinang Pos ketika ditemui, Selasa (19/2).

Ia juga menyatakan, kebutuhan akan es cukup tinggi bagi masyarakat nelayan yang ada di kepulauan jemaja.

Kenapa di Desa Landak yang dilirikan oleh investor.

Menurutnya, letak strategis antar desa lain yang mayoritas bekerja sebagai nelayan seperti Desa Keramut, Desa Impol, Desa Sunggak. Selain itu, kapal-kapal ikan luar Anambas yang berkunjung ke Pulau Jemaja.

”Untuk sumber air, kami memiliki jumlah yang besar dan arus listrik cukup terpenuhi. Akses transportasi laut, dan darat juga memadai,” jelas dia.

Kata dia, jarak tempuh dari gedung pabrik es menuju sumber air sekitar 3 Kilometer. Untuk fasilitas infrastruktur, untuk mengaliri air dari mata air akan dibangun oleh pihak investor.

Hal itu juga akan dimanfaatkan, bagi kepentingan masyarakat juga nantinya.

”Mudah-mudahan tidak mengalami kendala lagi dan pada tahun 2019 ini akan dilakukan pembangunannya,” ucap dia.

Selain itu, perairan laut Kabupaten Kepulauan Anambas juga sangat cocok untuk budidaya kerang mutiara. Pemasaran hasil budidaya mutiara, tentu membutuhkan investor untuk mengembaknya budidaya itu.

Tahun ini menurut rencananya, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas melalui Dinas Perikanan Pertanian dan Pangan akan melakukan event sistem lelang kategori Kerang Mutiara.

Rombongan Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Anambas, telah melakukan kunjungan kerjanya terkait Pilot Project Kerang Mutiara di Desa Bayat Kecamatan Palmatak tahun lalu.

Hal ini sesuai apa yang di sampaikan Effy Sjuhairi, selaku Kepala Dinas Perikanan Perikanan dan Pangan Kabupaten Kepulauan Anambas ketika di lokasi budidaya kerang mutiara, Senin (10/12) tahun 2018 lalu.

Menurutnya, untuk pengembangan budidaya kerang mutiara di Anambas tidak mengalami kendala yang signifikan. Potensi laut yang ada sangat mendukung, dan dibuktikan telah dihasilkan sejumlah kerang menghasilkan mutiara yang sangat bernilai ekonomis.

Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris SH melihat langsung, hasil budidaya kerang mutiara yang berhasil dengan baik.

Ia pun langsung memerintahkan kepada Kepala Dinas Perikanan Pertanian dan Pangan Anambas, agar dapat membuat suatu event di tahun 2019 mendatang.

Namun ia mengatakan, persoalan budidaya tidak ada masalah hanya saja terkait pemasaran kerang tersebut dan tentu butuh investor yang membidangi hal tersebut.

Pasar mutiara ini tidak banyak, pastinya khusus sebab nilainya cukup menjanjikan dalam peningkatan ekonomi. (INDRA GUNAWAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here