IPM Kepri Peringkat 4 Indonesia

0
754
TEKAN SIRENE: Gubernur Kepri H Nurdin Basirun beserta sejumlah pejabat teras di Kepri menekan tombol sirene peringatan Hari Jadi ke-15 Provinsi Kepri di Kantor Gubernur di Dompak, Senin (25/9). f-suhardi/tanjungpinang pos

Hari Jadi ke-15 Provinsi Kepri

DOMPAK – Gubernur Kepri H Nurdin Basirun menyampaikan, tanpa kebersamaan, kekompakan dan silaturahmi mustahil keinginan masyarakat untuk mengisi kehadiran provinsi ini bisa terwujud. Masyarakat ingin provinsi ini semakin baik dan semakin maju setiap waktunya.

”Hilangkanlah sikap iri dan saling sikut. Saatnya kita bahu membahu membuat provinsi ini semakin maju,” kata Nurdin Basirun saat memimpin upacara peringatan Hari Jadi Provinsi Kepulauan Riau ke-15 di Halaman Kantor Gubernur, Istana Kota Piring, Dompak, Tanjungpinang, Senin (25/9) pagi.

Nurdin mengajak masyarakat Kepri untuk bersyukur dengan kehadiran provinsi ini yang memasuki usia kelimabelas tahun. Peran masyarakat sangat besar dalam pembangunan ini. Peran dengan profesi dan aktivitas masing-masing. ”Doakan semoga kita sukses selalu dalam menyejahterakan masyarakat Kepri,” kata Nurdin.

Tekad Kepri tetap supaya menjadi pusat ekonomi nasional. Memang saat ini ada perlambatan pergerakan ekonomi di masyarakat. Tidak harus bertumpu pada kemampuan satu daerah saja. Karena, masing-masing kabupaten kota memiliki potensi dan pesona sendiri. Kalau dikelola dengan baik, Nurdin yakin semuanya akan tumbuh baik bersama-sama. Apalagi tiap daerah saling menopang dan kemajuan daerah lainnya.

Menurut Nurdin, semakin ke depan, Kepri harus bergerak semakin gemilang. Dalam berbagai catatan pusat, banyak kemajuan dan peningkatan yang diraih provinsi ini. Untuk Indeks Pembangunan Manusia (IPM), misalnya Kepri berada pada posisi empat nasional dan peringkat satu di Pulau Sumatera. Tentu, Nurdin mengajak semua pihak untuk berperan aktif bersama-sama meningkatkan IPM itu.

Salah satunya, menurut Nurdin semakin meningkatkan layanan pendidikan dan kesehatan. Untuk pengelolaan SLTA yang kini sudah menjadi tanggung jawab pihak provinsi, Nurdin selalu menegaskan semuanya harus semakin baik ke depannya.

”Supaya generasi Kepri bisa bersaing dimana saja dan dalam level apa saja. Karena, posisi Kepri yang strategis, kita juga bersaing dengan negara tetangga,” kata Nurdin.

Demikian juga dengan layanan kesehatan. Nurdin ingin sejak puskesmas hingga Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat.

Terhadap tindakan yang perlu penanganan cepat apalagi darurat, jangan sibuk harus menanyakan administrasi lagi, tapi segera lakukan penanganan. ”Kadang masyarakat memahaminya dengan berbeda-beda. Berikan saja layanan terbaik,” sebut mantan Bupati Karimun dua periode ini.

Hambatan dan tantangan ke depan, kata Nurdin, tidak terbatas. Nurdin kembali menegaskan kebersamaan sangat penting dalam menyelesaikan masalah itu. Karena itu, dia selalu hadir di pulau-pulau untuk menjemput aspirasi san mencarikan solusi terbaik.

Pada kesempatan itu, Gubernur berterima kasih kepada DPRD Kepri, aparat keamanan, FKPD dan semua komponen masyarakat yang mendorong dan mengawal pembangunan di Kepri agar berjalan sebagaimana mestinya. Faktor keamanan, kata Nurdin sangat penting untuk membuat Kepri yang nyaman dan damai. Aparat keamanan terus menjaga Kepri tetap kondusif sehingga masyarakat dapat beraktivitas melaksanakan kegiatan ekonomi soasial, agama dan lainnya.

Investor dan wisatawan juga akan terus berdatangan dengan suasana yang kondusif. ”Terimakasih karena bekerja keras selalu membaca potensi yang mengakibatkan gangguan keamanan untuk masyarakat,” kata Nurdin.

Salah satu adalah antisipasi bahaya narkoba yang mengancam generasi bangsa. Aparat keamanan di Kepri cukup berperan besar melakukan pemberantasan dan pencegahan. (ais/cr37)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here