ISPIKANI Cabang Kepri Segera Terbentuk

0
409
PESERTA rapat pembentukan Cabang ISPIKANI Kepulauan Riau foto bersama di Kampus FIKP-UMRAH F-ISTIMEWA

TANJUNGPINANG – Organisasi profesi yang ditunggu-tunggu oleh para alumni perikanan di Kepulauan Riau akan terbentuk.

Kabar gembira ini muncul, dikarena telah berlangsungnya konferensi Cabang Ikatan Sarjana Perikanan Indonesia (ISPIKANI), Sabtu, 29 Desember 2018 berlangsung di Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Maritim Raja Ali Haji (FIKP-UMRAH).

Konferensi Cabang ISPIKANI yang dilaksanakan, guna rapat pembentukan kepengurusan ISPIKANI wilayah Provinsi Kepulauan Riau untuk periode 2019-2023.

Pendataan awal yang telah dilakukan, diketahui ada sekitar 205 alumni perikanan tersebar di berbagai daerah di Krovinsi Kepulauan Riau.

Kemungkinan, masih terdapat alumni perikanan di Kepulauan Riau yang belum terdata.

Hal ini merupakan peluang besar, bagi pemberdayaan alumni untuk kemajuan pembangunan sektor perikanan di Provinsi Kepulauan Riau

Ketua Tim Formatur Dr. Agung Dhamar Syakti, S.Pi., DEA berhalangan hadir, sehingga konferensi Cabang ISPIKANI diwakilkan oleh sekertaris tim Formatur.

Sekertaris Tim Formatur Dr. Viktor Amrifo, S.Pi., M.Si memimpin jalannya Konferensi cabang ISPIKANI, dan dibantu oleh anggota Tim Formatur bapak Muin Sinaga, S.Pi, Dr. Ani Suryanti, Dedy Kurniawan, S. Pi., M.Si.

Konferensi cabang ISPIKANI yang telah berlangsung kurang lebih selama 3 jam ini, dihadiri oleh beberapa alumni perikanan dari berbagai universitas seperti Universitas Riau (UNRI), Universitas Hasanudin, Universitas Jenderal Soedirman, Institut Pertanian Bogor dan Universitas Sumatera Utara.

Beberapa alumni yang hadir, ada yang berprofesi sebagai nelayan, wiraswasta dan menjabat diberbagai instansi baik pemerintah maupun swasta seperti di Dinas Kelautan Perikanan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pertanian, dan dosen di FIKP UMRAH.

Dalam konferensi ini terpilih Dr. Viktor Amrivo, S.Pi., M.Si sebagai Ketua, dan tiga orang wakil ketua yaitu Muin Sinaga, S.Pi, Andrinal , S.Pi serta Amriansyah Amir, S.Pi. sekertaris terpilih Dr. Ani Suryanti, S.Pi., M.Si,dan tiga orang wakil Sekertaris yaitu Hendro Budiono, S.Pi., M.Si; Mudahir, S.Pi serta Jimmy Prawira, S.Pi.

Untuk bendahara terpilih Hadi Suryanto, S.Pi., M.Si dan dua orang wakil bendahara Rachmad Hidayat, S.Pi serta Friska Nursanti, S.Pi.

Draf kepengurusan ISPIKANI DPC Kepulauan Riau, untuk periode 2019-2023 secara lengkap selanjutnya akan diajukan ke DPP ISPIKANI agar segera dilakukan pelantikan.

Dalam konferensi cabang ISPIKANI ini, selain tersusun draft kepengurusan ISPIKANI DPC Kepulauan Riau untuk periode 2019-2023 juga disepakati beberapa hal diantaranya, melakukan audiensi dengan pejabat terkait Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, Kepala Balai Perikanan Budidaya Laut (BPBL) Batam, Kepala Balai Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu Tanjungpinang, Kepala Pangkalan Pengawas Sumberdaya Kelautan dan Perikanan Batam, dan instansi lain yang diperlukan.

Pendataan ulang anggota ISPIKANI Kepulauan Riau, dan rapat kembali untuk persiapan pelantikan dan hal-hal lain yang diperlukan dan menginisiasi seminar nasional ataupun konferensi internasional bersamaan dengan pelantikan pengurus ISPIKANI DPC Kepulauan Riau.

Pada penutupan rapat, ketua ISPIKANI terpilih Dr. Viktor Amrivo, S.Pi., M.Si menyampaikan tiga poin bila terbentuknya ISPIKANI Kepulauan Riau yakni Provinsi Kepulauan Riau dengan wilayah berupa kepulauan.

“Menurutnya, resources terbesar adalah sumberdaya perikanan kelautan sehingga membutuhkan sinergitas Academic, Business, Government and Community (ABGC) terutama bagi sarjana-sarjana perikanan untuk mendukung pembangunan perikanan berkelanjutan,” jelas Viktor Amrivo.

Kedua, ISPIKANI yang terbentuk harus mampu mendukung ABGC untuk tumbuh dan berkembang melalui interaksi dua arah pihak-pihak terkait.

Terakhir, Status dan peran ISPIKANI Kepulauan Riau harus tumbuh layaknya ikan dengan kurva Sigmoidnya.

Viktor juga menyampaikan terima kasih, dan penghargaan yang sebesar-besarnya pada semua pihak yang mendukung dan bersedia hadir pada konferensi ini.

“Semoga langkah awal sarjana perikanan ini mampu memajukan sektor perikanan di Kepulauan Riau pada khususnya dan Indonesia secara luas,” terangnya. (abh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here