Istana Kota Batu Simbol Perlawanan Melayu

0
693
BERKUNJUNG: Rida K Liamsi saat mengunjungi benda cagar budaya sejarah Istana Kota Batu, Selasa (18/4). F-HASBI/TANJUNGPINANG POS

LINGGA – SEIRING majunya pembangunan menjadikan situs sejarah Istana Kota Batu lenyap dalam sejarah.

Padahal, Istana itu menjadi salah satu bukti dan simbol perlawanan Sultan Mahmud Muzzafarsyah atau Mahmud IV Lingga, terhadap penjajah.

Hal tersebut dipaparkan Budayawan besar Kepri, Rida K Liamsi saat berkunjung melihat langsung puing-puing istana bergaya Eropa tersebut.

Meski cuaca hujan sejak pagi, tidak menyurutkan niat sosok pencinta sejarah Melayu ini untuk melihat peninggalan salah satu Benda Cagar Budaya (BCB) Kabupaten Lingga.

”Istana ini adalah simbol perlawanan Sultan Mahmud IV. Dengan istana ini ia ingin menunjukkan inilah Sultan Melayu yang bisa juga hidup modren dan maju seperti orang-orang Eropa,” ucap Rida di Daik, Selasa (18/4).

Dalam literatur sejarah, disebutkan Sultan Mahmud IV terkenal pembangkang terhadap penjajah Belanda, hingga akhirnya ia dimakzulkan.

Cicit dari Sultan Mahmud Riayat Syah atau Mahmud III ini kemudian meninggalkan Daik Lingga dan wafat di Pahang yang dikenal dengan nama Marhum Pahang.

Kisah pembangunan Istana Kota Batu sang Sultan tercatat dalam Syair Sultan Mahmud, dan sekumpulan syair yang berisi ribuan bait mengisahkan perjalanan kepemimpinannya.

Membangun Istana yang juga menjadi tempat berlangsungnya pernikahan, antara adindanya Tengku Embung Fatimah dengan Yang Dipertuan Muda (YDM) ke X, Raja Muhammad Yusuf.
Kini salinan syair tersebut menjadi salah satu arsip nasional di Jakarta.

”Aku dalam perjalanan meluruskan sejarah dan menempatkan Sultan Mahmud IV, ditempatnya yang semestinya dalam catatan sejarah kerajaan Lingga-Riau,” sambung Dato Seri Lela Budaya yang tengah menyelesaikan buku semi sejarah Mahmud Sang Pembangkang.

Saat berkunjung ke Istana Kota Batu, Rida juga menyayangkan kondisi yang kurang terawat.
BCB ini sangat minim sarana prasarana.(MUHAMAD HASBI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here