Iyeth Bustami Meriahkan FPP

0
595
TAMPAK dari atas Masjid Raya Sultan Riau Penyengat Pulau Penyengat.f-DOKUMEN TANJUNGPINANG POS

Sudah 1.700 Peserta Mendaftar

Berbagai persiapan telah dimatangkan oleh panitia, jelang pelaksanaan Festival Pulau Penyengat (FPP) 2019 yang masuk Calendar Of Events (CoE) Kementerian Pariwisata RI. Even tahunan tersebut dilaksanakan empat hari, mulai, Kamis-Senin (14-18/2) mendatang.

TANJUNGPINANG – Pelaksanaan FPP bertujuan mendatangkan wisatan manca negara (wisman) dan wisatawan nusantara (wisnus). Dengan mengundang peserta dari berbagai daerah dan luar negeri.

Agenda yang dilaksanakan empat tahun terakhir secara berturut-turut didukung Kementerian Pariwisata RI. Dibuktikan dengan sebagian besar biaya kegiatan diberikan dan menghadirkan penyanyi lagu Melayu dan dangdut nasional, Iyeth Bustami dalam FPP di Kota Tanjungpinang.

Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Tanjungpinang, Salman menuturkan, Iyeth Bustami akan menghibur para pengunjung FPP, Minggu (17/2) siang di Pulau Penyengat.

Dituturkannya, targetnya peserta lomba sekitar 2.000 dari 12 jenis perlombaan. Sesuai konfirmasi yang sudah diterimanya, akan ada tamu dan peserta lomba dari dua negara tetangga yaitu Malaysia dan Singapura.

Baca Juga :  BPBD Bakal Minta Bantuan Masker ke Himbara dan Telkomsel

Selain itu, dari luar daerah baru dari Batam dan Padang, Sumatera Barat.

Disebutkannya, sampai saat ini sudah lebih dari 1.700an peserta yang akan mengikuti 12 kategori perlombaan. Diantaranya delapan perlombaan yang dilaksanakan Disparbud Tanjungpinang, tiga lainnya dilaksanakan dari Sumatera Barat dan satu dari Provinsi Kepri.

“Totalnya ada 12 pertandingan dan kami harapkan target peserta bisa teralisasi,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, Minggu (10/2).

Berbagai perlombaan yang dilaksanakan yaitu lomba pantun, lagu Melayu, kompang kreasi, Gurindam 12 Serumpun, cipta baca puisi, melukis, panggak gasing, dan berzanji. Lomba dangkung dari Provinsi Kepri dan tiga lomba dari Sumatera Barat berkenaan dengan peninggalan sejarah.

Disebutkannya, Technical Meeting (TM) berbagai perlombaan sudah dilaksanakan. Rencanya, hari ini, Senin (11/2) rapat memantangkan pelaksanaan pawai budaya. Dilaksanakan sebelum seremonial pembukaan FPP yang dijadwalkan dihadiri Gubernur Kepri, H Nurdin Basirun, Kamis (14/2) di Pulau Penyengat.

Baca Juga :  Wanita Hamil Tua Curi Handphone di Warung

Ia menuturkan, sebelum pembukaan akan ada pawai budaya yang diikuti masyarakat dari empat kecamatan di Tanjungpinang. Pawai akan dimulai dari Kampung Datok menuju Balai Adat, Pulau Penyengat.

”Pawai mulai pukul 08.00 WIB. Setelah itu dilanjutkan acara pembukaan seremonial sekitar 10.30 WIB,” ucapnya.

Selain itu, dituturkannya berbagai perlombaan juga sudah dimulai hari itu sampai dengan penutupan FPP.

Sehari setelah itu, Jumat (15/2) dilanjutkan dengan haul akbar dan tausiah yang diberikan Habib Hasan bin Umar Baagil dari Jawa Timur, Surabaya.

”Setelah itu, berbagai perlombaan juga terus dilanjutkan dan akan ada pentas seni malamnya,” tuturnya.

Ia menuturkan, akan ada pameran tanjak dari Malaysia yang dilaksanakan selama FBB berlangsung. ”Ada pameran tanjak Melayu yang ahli dari Malaysia,” tuturnya.

Disebutkannya, Jumat malam dilanjutkan perlombaan Dangkung yang dilaksanakan Provinsi Kepri. Setelah itu, Sabtu malam akan ada hiburan dari artis-artis Singapura sehari kemudian penampilan tamu dari Malaysia.

Baca Juga :  Pemko Tanjungpinang Gelar Pawai Budaya dan Mobil Hias

Ia menghimbau kepada masyarakat yang ingin melihat dan memeriahkan FPP, mengenakan seragam bebas sopan. Bahkan lebih baik jika mengenakan baju kurung Melayu sebagai identitas diri dan patut dilestarikan.

Terkait apakah pelaksanaan FPP dihadiri Menteri Pariwisata RI, ia belum bisa memastikan. Menunggu konfirmasi dari staf ahlinya. ”Biasanya kalau Pak Menteri tak bisa hadir, ada utusannya,” tuturnya.

Dututurkannya FPP ditutup dengan syukuran yang disejalankan dengan penabalan Gelar Datuk Setia Amanah kepada Wali Kota Tanjungpinang Syahrul dan Timbalan Datuk Setia Amanah kepada Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Hj Rahma. Penganugerahan diselenggarakan LAM Tanjungpinang.(DESI LIZA)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here