Izin Edar Beras Citra Mandiri Dipertanyakan

0
767
PERSONEL Polres Anambas yang tergabung dalam Satgas Pangan ketika mengecek harga sejumlah bahan pokok di pasar wilayah Tarempa, belum lama ini.F-INDRA GUNAWAN/TANJUNGPINANG POS

Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kepulauan Anambas Usman mempertanyakan, izin edar beras merek citra mandiri yang hanya beredar di Kabupaten Kepulauan Anambas.

ANAMBAS – Pasalnya, distributor maupun kilang Citra Mandiri tidak ada ditemui di Indonesia. ”Kami heran, nama toko bisa sama dengan merek beras. Apa izin edarnya sudah terdaftar. Soalnya, kami sudah melihat di Jawa dan Tanjungpinang tidak ada Beras Citra Mandiri beredar. Apakah Citra Mandiri ini punya kilang sendiri,” kata Usman selaku Kepala Disko UMPP Anambas, kemarin.

Baca Juga :  Guru Ngaji Butuh Perhatian

Usman menerangkan, perusahaan Citra Mandiri ini menjadi pertanyaan sejak melakukan pengujian ke Dirjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan Republik Indonesia. ”Awalnya kami melakukan pengujian ke Tanjungpinang, di sana tidak ada ditemui beras merek Citra Mandiri. Kemudian kami ke Dirjen, dan ini menjadi pertanyaan,” jelasnya.

Usman mengakui, hasil parameter yang dilakukan ke Dirjen Citra Mandiri memiliki serajat sosoh 100 persen, kadar air 13,28 persen, butir patah 4,59 persen. ”Dari hasil parameter pengujian, Beras Citra Mandiri masuk kategori premium. Kalau di Tanjungpinang, beras yang menyerupai ini harganya berkisar Rp 12.500 tetapi di Anambas mencapai Rp 16.000 perkilogram,” ungkapnya.

Baca Juga :  Kapal Feri ke Anambas Sepekan Tak Berlayar

Menurut Usman, Beras Citra Mandiri tersebut diganti dengan beras merek lain yang jelas izin edarnya. ”Harga Beras Citra Mandiri ini sangat memberatkan konsumen. Alangkah baiknya beras merek Citra Mandiri ini diganti dengan beras lain,” tegasnya.

Salah satu distributor beras PT Citra Mandiri, Boncai mengatakan Beras Citra Mandiri didatangkan dari pabrik di Cibinong. Dan harga belinya mencapai Rp 14.000 perkilogram. ”Perusahaannya ada di Cibinong. Kalau tidak percaya tanyakan saja pabriknya di Cibinong,” terangnya.(INDRA GUNAWAN)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here