Izin Usaha PT CSA Terancam Dibatalkan

0
502
BUPATI Lingga H Alias Wello (tengah) saat menemui Dirjen Agraria untuk melaporkan HGU PT CSA yang terindikasi tidak prosedural. f-istimewa

Direktur Jenderal (Dirjen) Penataan Agraria Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) Muhammad Ikhsan Saleh memastikan, permohonan Hak Guna Usaha (HGU) atas nama PT Citra Sugi Aditya (CSA) di Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau tak disetujui Menteri ATR/Kepala BPN.

LINGGA – Hal ini dikatakan Bupati Lingga H Alias Wello usai membuat laporan terkait permohonan HGU PT CSA di Gedung Kementerian ATR/BPN di Jakarta, Jumat (23/2).

”Direktur Agraria ATR/BPN pastikan, selama prosesnya pengajuan belum Clear and Clean (C&C), pak Menteri tak akan tanda tangan HGU,” kata Alias Wello, kemarin.

Awe panggilan akrab Alias Wello, menjelaskan, proses untuk mendapatkan HGU tidaklah semudah yang dibayangkan. Jika masih ada riak-riak, lanjut Awe, pastinya Menteri ATR/BPN akan menunda permohonan yang diajukan.

”Pak Dirjen menyayangkan sikap yang ditunjukkan Kepala Kanwil BPN Kepulauan Riau Syafriman saat rapat panitia B di Hotel Aston Tanjungpinang pekan lalu, yang terkesan arogan untuk membenarkan tindakannya merekomendasikan pemberian HGU PT CSA,” terang Awe.

Dalam pertemuan itu, Bupati Lingga Wakil Ketua DPRD Lingga didampingi Kamaruddin Ali dan Staf Khusus Bupati Lingga dan Ady Indra Pawennari.

”Saya berterima kasih atas penjelasan pak Dirjen. Banyak ilmu pertanahan yang kami dapatkan, termasuk tata cara permohonan dan pemberian HGU. Ternyata, pengajuan HGU harus disertai plasma 20 persen dan CSR,” imbuh Awe.

Awe menyoroti kasus penguasaan lahan warga secara sepihak oleh PT Citra Sugi Aditya pada 10 desa di Kecamatan Lingga Utara dan Lingga Timur.

PT CSA, hanya bermodalSK Menteri Kehutanan RI Nomor : 624/KPTS-II/2014, tanggal 14 Juli 2014 tentang pelepasan kawasan hutan produksi untuk perkebunan kelapa sawit. Sehingga, perusahaan ini menguasai tanah negara dan masyarakat di Lingga Utara dan Lingga Timur seluas 9.694,84 Ha.

Ironisnya, Kantor Wilayah BPN Kepri merespon HGU PT Citra Sugi Aditya tanpa mendengarkan aspirasi masyarakat dan kebijakan Pemerintah Kabupaten Lingga. (TENGKU IRWANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here