Jabatan KPU Berakhir Sehari Sebelum Pilkada

0
420
Petugas KPU Kota Tanjungpinang sedang meriksa kotak suara yang akan digunakan di Pilwako nanti. F-DOKUMEN/TANJUNGPINANG POS

TANJUNGPINANG – Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota sudah di depan mata. Masa jabatan lima Komisioner KPU Kota Tanjungpinang sebagai penyelenggarah Pilkada berakhir sehari sebelum pemungutan suara pilkada serentak tahun 2018.

Ketua KPU Tanjungpinang Robby Patria mengatakan berdasarkan UU Nomor 17 Tahun 2017, masa jabatan KPU Tanjungpinang berakhir 26 Juni 2018. Sedangkan Pilkada digelar 27 Juni mendatang.

”Kita tunggu apakah ada kebijakan khusus dari KPU terkait persoalan itu karena berhubungan dengan kesuksesan pilkada serentak, Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden? Kami masih menunggu kebijakan dari KPU RI saja,” kata Robby belum lama ini.

Hal sama juga disampaikan Divisi Logistik KPU Kota Tanjungpinang, Muhammad Yusuf Mahidin. Ia mengatakan hingga Selasa (17/4) kemarin, lima komisioner KPU Tanjungpinang, belum menerima surat perpanjangan tugas dari KPU RI.

”Kita belum menerima surat edaran dari KPU RI,” kata Muhammad Yusuf Mahidin.

Cuman, kata Yusuf, ia pernah membaca surat dari KPU RI dikantornya, yang intinya, menunda atau mengundur pelantikan komisioner KPU Kota terpilih. Karena, pansel penerimaan komisioner KPU Tanjungpinang sedang berjalan. Dan, jumlah komisioner KPU sesuai aturan yang sekarang, berkurang, dari lima komisioner menjadi hanya tiga komisioner saja, sesuai dengan jumlah penduduk.

Kata dia berharap dan optimis KPU RI memperpanjang masa tugas lima komisioner KPU Kota Tanjungpinang hingga pilkada selesai. Misalnya, bila terjadi sengketa, maka komisioner KPU lama bisa langsung menangani permasalahan tersebut. Karena komisioner lama sudah mengikuti sejak dari awal proses Pilwako Tanjungpinang tahun 2018 ini.

Kata dia, tidak masalah apabila dirinya dengan empat komisioner KPU Kota Tanjungpinang tak dilakukan perpanjangan tugas sebagai komisioner KPU Kota Tanjungpinang. ”Berarti kami berakhir masa tugas pada saat pencoblosan 27 Juni mendatang. Ya, berdasarkan UU Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu. Jika masa tugas berakhir saat pencoblosan di mulai,” ucapnya.

Jadi, lanjut dia, pada saat masyarakat mencoblos atau memilih atau menyalurkan hak suaranya di bilik suara, lima komisioner KPU Kota Tanjungpinang langsung mengemas barang-barang miliknya di ruang kerjanya. (dri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here