Jadi Tempat Beli Oleh-Oleh

0
229
Gubernur Kepri H Nurdin Basirun saat meninjau Pasar Sri Karimun, Tanjungbalai Karimun, Minggu (23/4). f-istimewa/humas pemprov kepri

Gubernur Tinjau Pasar Sri Karimun

Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) H Nurdin Basirun berharap Pasar Sri Karimun bisa semakin modern dan semakin maju. Pasar itu harus bisa dijadikan tempat mencari oleh-oleh bagi pengunjung yang datang ke Karimun.

KARIMUN – UNTUK itu, pengelolaan Pasar Sri Karimun harus semakin baik. Sehingga pedagang dan masyarakat sekitar semakin bergerak kencang ekonominya. Penataannya pun harus lebih bagus lagi terutama soal sampah sehingga tidak terbuang ke laut.

”Harus jadi pasar yang semakin menghidupi pedagang dan masyarakat sekitar. Manajemen harus semakin baik. Bangunan yang ada perlu juga direvitalisasi,” kata Nurdin saat berkunjung ke Pasar Sri Karimun, Tanjungbalai Karimun, Minggu (23/6).

Tiba di Pasar Sri Karimun, Nurdin langsung berkeliling menyapa pedagang dan pengunjung. Nurdin pun melayani pedagang dan pengunjung untuk bersalaman dan berfoto bersama.

Nurdin juga meninjau bagian pasar yang terhubung dengan laut. Beberapa bagunan yang terlihat agak mulai mengalami penurunan kualitas.

Nurdin berharap ada perbaikan-perbaikan pada beberapa bagian pasar ini. Menurut Nurdin, pihaknya akan berdiskusi dengan Pemkab Karimun untuk penataan yang lebih baik.

”Jangan sampai terjadi hal-hal yang tak diinginkan pada bangunan ini ketika ramai pengunjung,” kata Nurdin.

Apalagi, pemerintah pusat pun punya program dalam revitalisasi pasar-pasar di seluruh Indonesia. Momen itu harus dimanfaatkan untuk peningkatan kualitas.

Jiwa entrepreneur pengelola pun diharap Nurdin semakin muncul. Dengan kreativitas dan inovasi yang terus bermunculan.

”Apalagi ini di pusat kota. Bisa juga menjadi tujuan orang yang datang ke Karimun untuk mencari oleh-oleh,” kata Nurdin.

Revitalisasi Pasar Rakayat di Kabupaten Karimun tahun 2019 ini sudah mulai berjalan. Salah satu pasar yakni Pasar Teluk Uma di Kecamatan Tebing sudah rampung dan sudah mulai dioperasikan.

Selain Pasar Teluk Uma, revitalisasi yang akan dilakukan masih dalam tahun ini yakni Pasar Sri Karimun di Jalan Nusantara, Tanjungbalai Kota dan Pasar Sawang di Kecamatan Kundur Barat.

Untuk Sri Karimun revitalisasinya terutama pondasi karena berada di laut. Untuk pasar yang besar diharapkan DAK dari pusat.

Nurdin sendiri sangat fokus dalam pengembangan pasar di Provinsi Kepri ini. Nurdin berharap, pasar yang ada direvitalisasi apalagi dengan adanya program pemerintah pusat untuk perbaikan 1.000 pasar tradisional.

Gubernur juga rajin mencari anggaran dari pusat untuk pembangunan pasar di Kepri. Salah satu yang diperjuangkan Nurdin adalah rencana pembangunan pasar tradisional berkonsep modern di Batu 8 Atas Tanjungpinang.

Pemerintah pusat sudah menyetujui anggaran untuk pembangunan pasar induk tersebut. Yang terpenting adalah lahannya disiapkan sehingga anggaran pemerintah tidak sia-sia. Jangan sampai anggarannya sudah ada, tapi lahannya bermasalah.(MARTUNAS-SUHARDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here