Jadikan Ibukota Daerah yang Menarik

0
967
H Nurdin Basirun didampingi H Lis Darmansyah menyerahkan penghargaan kepada warga Tanjungpinang di acara puncak HUT Tanjungpinang ke 234 tahun di Lapangan Pamedan, Sabtu (6/1) malam.f-ist/humas pemprov Kepri

Hari Jadi ke-234 Tahun Tanjungpinang

Tanjungpinang sudah berumur 234 tahun, Sabtu (6/1) lalu. Gubernur Kepulauan Riau H. Nurdin Basirun menegaskan Ibu Kota Provinsi Kepri Tanjungpinang agar terus berbenah memperbaiki diri supaya memiliki daya tarik dan daya saing di mata nasional bahkan internasional.

TANJUNGPINANG – Hal ini dikatakan Gubernur saat menghadiri Puncak Peringatan Hari Jadi Kota Tanjungpinang ke-234 yang dipusatkan di Lapangan Pamedan Jalan Jenderal Ahmad Yani, KM 4 Tanjungpinang, Sabtu (6/1).

”Sebagai Ibukota Provinsi Kepri sudah seharusnya Tanjungpinang terus membenahi diri agar memilik daya tarik dan daya saing,” ujar Nurdin.

Kata Nurdin, di Tanjungpinang tahun ini akan dibangun proyek pembangunan dan penataan kawasan Tepilaut yang disebut pembangunan kawasan terpadu Gurindam 12 itu mulai dilelang.

Pembangunan proyek multiyears yang diajukan Pemprov Kepri senilai Rp 518 miliar, untuk tahap pertama tahun ini Rp 120 miliar, di tahun 2019 Rp 200 miliar dan tahun 2020 Rp 190 miliar,

Proyek Gurindam 12 itu untuk meningkatkan perekonomian serta pariwisata di Ibukpota provinsi Kepri. Juga salah satu solusi untuk mengatasi kemacetan kendaraan mendatang. Kawasan terpadu Gurindam 12 tersebut, mencakup pembangunan di Pantai Impian, Batu Hitam, Teluk Keriting, Tugu Pinsil, Pantai Impian, Batu Hitam, Teluk Keriting, Tugu Pinsil, Tepilaut, Taman Gedung Gonggong, Pelabuhan Sribintan Pura, Pulau Penyengat, Pelantar 1 dan II, sampai dengan Pinang Marina.

Kawasan terpadu Gurindam 12 akan dikerjakan melalui dinas terkait, Dinas Perkim, Dinas Pekerjaan Umum (PU) serta OPD lainnya.

Baca Juga :  Pemko Terima DAK Rp3 Miliar untuk Beli Kontainer dan Mobil Sampah

Tidak hanya itu, jika sudah nampak wujudnya, maka menjadi salah satu kebanggaan masyatakat Kepulauan Riau pada umumnya. Nurdin bertekat ingin membangun kawasan tersebut, karena Tanjungpinang adalah daerah yang salah satu paling sering menggelar event pariwisata yang berada di pesisir laut.

Kemudian, dari simpang tiga depan Ramayana Mal di buat pintu gerbang. Ditambah dengan ornamen selamat datang. Selanjutnya, pembangunan lainnya dilanjutkan lewat Jembatan I Pulau Dompak misalnya pengaktifan lampu penerangan jalan, pagar pedesterian serta prioritas pengaspalan sepanjang jembatan dan sekitar pulau Dompak.

Pengaspalan tidak hanya sekitaran Pulau Dompak, melainkan sampai daerah perkantoran. Termasuk penambahan dan pembangunan trotoar kiri dan kanan di perindah serta di setiap simpang bundaran tersebut akan ada ornamen bola globe serta ornamen lainnya yang bercirikan khas Provinsi Kepulauan Riau. Di dinding Masjid Raya Dompak itu kita perbagus dengan di buat ornamen-ornamen unik, sehingga menambah semangat orang untuk berkunjung ke Pulau Dompak.

Ada Pembangunan dinding penahan tanah Masjid Raya Dompak Rp 9,6 miliar. Penataan Jalan dan Taman Jalan Utama Pulau Dompak Rp 4,7 miliar. Pengawasan teknis penataan taman jalan utama, pembangunan kawasan pintu asuk utama, dan pembangunan dinding penahan tanah di Pulau Dompak Rp 337 juta lebih. Ada Review DED Stadion Utama Pulau Dompak Rp 2,4 miliar.

Baca Juga :  PJU Tak Diurus

Perencanaan teknis pembangunan dinding penahan Tanah Masjid Raya Dompak Rp 100 juta. Perencanaan teknis instalasi listrik perumahan masyarakat Dompak tahap I dan penyediaan air bersih perumahan masyarakat Dompak Tahap III Rp 88 juta lebih.

Pengawasan Teknis Pematangan Lahan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Pulau Dompak Rp 83 juta. Pengawasan Rehabilitasi Pelantaran Masjid Raya Pulau Dompak Rp 69 juta. Peningkatan Jalan Simpang Dompak Rp 849 juta. DED Pembangunan Gedung Balai Wartawan di Dompak Rp 185 juta lebih.

Masih kata Nurdin, selama 5 tahun, kata Nurdin, sudah banyak yang dilakukan pasangan Walikota dan Wakil Walikota Lis Darmansyah-Syahrul. Namun, bagaimana pun juga pembangunan tidak akan pernah usai, karena masih panjang perjalanan ke depan.

Gubernur juga mengatakan jika pasangan Lis-Syahrul adalah pasangan Walikota dan wakil Walikota Tanjungpinang terbaik saat ini. Terbukti dengan berbagai prestasi yang sudah diraih oleh kedunya saat ini, sehingga banyak prestasi yang telah diraih baik tingkat Provinsi maupun nasional.

”Perlu kita sadari juga Pak Lis dan Pak Syahrul sudah bersama selama 5 tahun memimpin Kota Tanjungpinang ini. Dan sebentar lagi akan dilaksanakan Pilkada. Saya ingatkan pilkada adalah ajang untuk masyarakat bersatu mencari pemimin terbaik, bukan untuk memecah belah persatuan dan kesatuan yang sudah terbangun,” tegas Nurdin.

Diakhir sambutannya Gubernur berterimakasih kepada Lis darmansyah dan H. Syahrul serta ucapan selamat untuk seluruh masyarakat Tanjungpinang untuk hari jadi yang ke-234.

Baca Juga :  Pansel Open Bidding Libatkan Perguruan Tinggi Luar Kepri

Sementaraa itu Walikota Tanjungpinang H. Lis Darmansyah dalam sambutannya mengatakan bahwa hari jadi Kota Tanjungpinang ke-234 tahun 2018 kali ini merupakan hari jadi terakhir yang dia peringati bersama wakilnya H. Syahrul. Karena masa jabatannya sebagai walikota dan wakil walikota akan segera berkhir.

”Malam ini adalah peringatan hari jadi terakhir yang kami peringati bersama H. SyahrulI, seiring dengan masa jabatan kami yang segera berakhir. Kota ini tempat saya dilahirkan, dibesarka, dan saya mengawali karir politik disini. Insya Allah saya akan mengakhiri hidup saya disini,” kata Lis Darmansyah.

Lis juga mengingatkan kepada seluruh masyarakatnya bahwa Kota TanjungTanjunginipinabg ini harus diisi dengan kegiatan positif dari generasi ke generasi. Selain itu Tanjungpinang harus aman, nyaman, maju dan berdaya saing tinggi.

”Mari kita otimalkan potensi diri kita semua untuk Tanjungpinang yang lebih baik kedepan. Saya ucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat yang selama lima tahun ini sudah membantu masa kepemimpinan saya. Dan mohon maaf jika selama ini kami melakukn kesalahan, baik yang sengaja maupun tidak,” ujar Lis.

Acara ini dihadiri oleh seluruh unsur masyarakat, OPD Tanjungpinang, FKPD, tokoh masyarakat, tokoh budaya dan lainnya.(ABAS – SUHARDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here