Jadikan Pasar Lambung Pariwisata

0
429
DIAN FADILLAH

Oleh: Dian Fadilah,S.Sos
Kabid Seni Budaya Gema Minang

Kuliner merupakan khazanah pariwisata yang tidak dapat dipisahkan dari perjalanan. Perjalanan wisata yang secara konsep dilakukan dari original point ke intermediate point sampai ke destination time tentunya memerlukan transportasi, akomodasi, obyek wisata sertamakan minum yang mengesankan.

Makan dan minum sebagai aset wisata lambung merupakan daya tarik penting yang perlu disikapi dengan benar sehingga memberikan efek kepada kunjungan berkelanjutan. Kuliner yang mengesankan dan memiliki cita rasa tinggi dengan konsep kedaerahan kental tentunya merupakan aset penting pariwisata dunia apalagi berhubungan dengan masalah kesenangan perut, sebagai tempat yang menjadi konsentrasi penuh tubuh manusia merupakan sebuah hakekat perjalanan.

Lambung yang menjadi focus ke parwisataan yang tidak boleh dianggap enteng sudah mulai dilakoni oleh beberapa Kota besar di Indoensia. Daerah daerah itu berhasil meninabobokkan cita rasa penuh dengan tetap menjaga cita rasa khas daerah masing-masing. Cita rasa kemasan itu dikemas dalam sebuah lokasi khusus dalam konsep pasar rakyat atau pasar tradisional.

Pasar sebagai sebagai pertemuan pembeli dan penjual mempertemukan keduadalam satu wadah. Pasar yang dimaksud adalah juga dapat diartikan dalam bentuk restoran, rumah makan menjadi obyek yang harus dinyatakan karena itu merupakan Point Of Interest. Banyak orang menyebut wisata kuliner lezat, wisata kuliner enak, wisata kuliner mantap dan lain sebagainya akan tetapi bagi sebagian orang justru masih bingung, apa itu wisata kuliner. Pengertian wisata kuliner bisa diartikan simple seperti ini: jalan-jalan ke tempat dimana kita bisa menikmati makanan di tempat. Untuk arti secara harfiahnya wisata adalah bepergian bersama-sama untuk memperluas pengetahuan, wawasan, dan lain lain (KBBI Edisi 2003). Sedangkan Kuliner berarti masakan atau makanan (KBBI Edisi 2003). Jadi bisa disimpulkan bahwa secara‘resmi’ wisata kuliner adalah bepergian bersama-sama untuk memperluas wawasan mengenai makanan. Berwisata Kuliner memang merupakan kegiatan yang mengasyikan untuk semua orang diamanapun dan bagaimanapun.

Banyak orang yang menyukai wisata jalan jalan apalagi kalau dilengkapi dengan wisata kuliner. Bagi yang suka jalan-jalan, dapat dipastikan mencicipi dan menyenangi yang namanya “kuliner”. Di Indonesia sendiri terdapat ratusan kuliner lezat dan enak. Sejumlah Provinsi yang ada di Negarakita hampir mempunyai kuliner khas sendiri.

Untuk pecinta jalan jalan cari makan melancong di dalam atau ke luar negeri untuk menikmati kuliner khas daerah dalam konteks kepariwiataan Indonesia perlu dipersiapkan sebelum memulai wisata yang berorientasi kuliner :
1. Mengetahui Lokasi kuliner berada
2. Mencari informasi kekhasan kuliner yang ada
3. Menyiapkan anggaran yang dibutuhkan sebagai orang yang berkecimpung penuh di dapur, mengolah berbagai bahan makanan, apa kriteria makanan.

Septoadji Suprijadi yang akrab disapa Chef Degan mengatakan, bahwa makanan sehat tergantung pada bahan-bahan yang dipakai. “Buat saya healthy food itu makanan yang diproses secara fresh (segar) dengan pilihan ingredient yang benar,” kata Chef Degan secara lugas. Beliau juga mengatakan bahwa tidak hanya makanan yang sehat tetapi juga makan yang sehat. “Not only healthyfood but healthy eating. Simple food can be very nice,:” kata Chef Indonesia tidak pernah kehabisan selera dalam wisata kulinernyai berbagai daerah. Di sini, ada beberapa kota wisata kuliner terfavorit di Indonesia yang harus kamu tahu seperti yang dilansir (koran-sindo.com).

1. Bandung, Kekayaan Kuliner Tak Terbatas sebagai kota tujuan wisata kuliner favorit warga Ibukota di akhir pekan sebagai surga jajanan khasnya Baso tahu goreng (Batagor), surabi, siomay, es cendol, bajigur, bandrek dan lainnya.

2. Yogyakarta, Surganya Wisata Angkringan sebagai kota wisata, yang populer dengan makanan khasnya dan angkrignan yakni Gudeg Jogja. Gudeg Jogja adalah makanan terbuat dari nangka muda bercita rasamanis serta gurih.

3. Jakarta, Serba Lengkap Dari Penjuru Dunia sebagai keberagaman kuliner berbagai daerah maupun kuliner asal luar negeri serba wah dan lengkap.

4. Surabaya, Makanan Unik sebagai Rajanya kuliener memiliki banyak tempat makan nikmat dan menarik. Jenis makanannya pun juga unik tidak bisa ditemukan di daerah-daerah lain seperti rawon serta rujak cingur, lontong balap serta sate Klopo.

5. Medan, Serba Ramah dan Nikmat memiliki banyak penggemar. Sebut saja pancake durian. Makanan khas lain yang cukup terkenal ada soto kesawan, bakmi Medan, dan kue bika Ambon. Sementara untuk minuman, kota ini terkenal dengan sirup markisa yang khas dan menyegarkan.

Keanekaragaman kuliner di daerah lain sebenarnya tidak membuat kita harus takut apalagi gentar untuk mengahadapinya. Kedinamisan wisatawan yang datang ke Tanjungpinang juga mendatangkan suatu variasi dalan budaya, etnik, dan suku bangsa semestinya juga memiliki kelebihan yang sama. Sudah waktunya Tanjungpinang yang sudah memiliki aset kuliner itu dapat mengemas nya lebih serius sebagai aset potensial kepariwisataan daerah.

Kuliner seafood ala melayu dan masakan khas daerah Minang, Makasar dan daerah lain yang bervariasi tentunya menjadi andalan dan merupakan faktor utama saat ini untuk menarik wisatawan local, nusantara dan foreign. Foodcourt atau “Aakau” yang sudah ada seperti Potong lembu, Melayu Square, Anjung Cahaya, Bintan Plaza, Bintan Centre bisa tetap berjalan sebagai manabiasanya. Foodcourt barulah yang sudah harus kita kenalkan.

Tempat-tempat yang sudah mulai menjamur itu sebagai basis utama harus dapat bekerjasama dengan Industri Pariwisata lain seperti Hotel sebagai tempat menginap, Travel and Tour sebagai pihak yang akan mendatangkan wisatawan dalam lama kunjangan dan airlines sebagai armada yang dapat menjadi jembatan wilayah kelautan kita yang agak jauh dari kota lain di Indonesia.

Kemasan komponen pariwisata yang dibuat itu harus ditunjang penuh oleh kemampuan Pemerintah daerah kabupaten/kota dan provinsi sehingga menjadi ikon nasional yang dapat membanggakan dan sekaligus memberikan penghasilan yang nyata bagi UMKM di sekitarnya seperti ceinderamata, Sanggar seni dan obyek wisata untuk mendukung kehidupan kepariwisataan di daerah kita tercinta Kepri.

Sebuah aset yang tidak terlupakan sepanjang masa kunjungan wisatawan. Tugas kita bersama saat ini untuk diwujudkan adalah “How to make dream comes true” keanekaragaman kuliner ini dan Jadikan sebagai pasar lambung Gerbang Wisata Bahari Indonesia. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here