Jadikan Sungai Carang Wisata Bahari Andalan

0
960
BERPACU: Peserta Dragon Boat Race International (DBR) 2016 saat berpacu di perairan Sungai Carang. f-andri ds/tanjungpinang pos

DBR di fbk 2017 angkat citra tanjungpinang

Sungai Carang adalah pusat lalu lalang kapal niaga antarnegara di zamannya. Nama sungai ini sudah sangat terkenal di zaman dulu.

TANJUNGPINANG – UNTUK mengembalikan kejayaan Sungai Carang, tempat ini dijadikan pusat perhelatan lomba kapal hias empat tahun berturut-turut dalam rangkaian Festival Sungai Carang (FSC).

Pemko Tanjungpinang pun menyambut baik gagasan Rida K Liamsi yang menggelar FSC empat tahun belakangan ini dan Pemko sendiri berusaha menjadikan Sungai Carang salah satu andalan wisata bahari di kota ini.

Pemko juga sudah mengubah lokasi pelaksanaan Dragon Boat Race (DBR) ke Sungai Carang. Tahun ini DBR digelar juga dengan pesertanya dari dalam dan luar negeri yang merupakan event penting dalam Festival Bahari Kepri (FBK) 2017.

Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang Riono mengatakan, mimpi besar mengatakan, mimpi besar Pemko dalam mengembangkan pariwisata Tanjungpinang adalah menjadikan Sungai Carang sebagai destinasi wisata bahari yang menarik untuk dikunjungi baik wisatawan nusantara (wisnus) maupun wisatawan mancanegara (wisman).

Baca Juga :  Desember, Menara Masjid Dompak Dibuka

Melalui Dragon Boat Race (DBR) yang akan digelar di Sungai Carang pada 20-22 Oktober ini bisa mengangkat kembali kejayaan Sungai Carang di masa lalu.

”Sabtu kemarin, tim dari pemerintah sudah melakukan bersih-bersih di kawasan Sungai Carang. Sungai Carang sebagai destinasi wisata bahari dan religi terus dibenahi. Karena dahulunya Sungai Carang adalah urat nadi perekonomian di zaman kerajaan. Dan kejayaan itu harus kembali bangkit lagi,” kata Riono, kemarin.

Mantan pejabat Pemprov Kepri ini mengatakan, melalui DBR yang ke-15 tahun, ia berharap nama Sungai Carang terus mendunia.

DBR bakal digelar beberapa hari ke depan. Ia berharap pesertanya tidak hanya meningkat, tapi kualitas pesertanya minimal sama dengan tahun sebelumnya.

”Selama ini DBR sering digelar di Tepilaut. Tapi beberapa tahun terakhir ini DBR sengaja digelar di Sungai Carang untuk mengangkat kembali kejayaan Sungai Carang,” bebernya.

Baca Juga :  Kreativitas Pemuda Manfaatkan Bahan Kulit

Ia juga berharap panitia melalui Dinas Pariwisata Tanjungpinang, benar-benar membuat event tahunan ini berkemilau.

Laporan yang ia terima, sudah beberapa tim dari luar negeri akan berlaga di event bergengsi itu. Tidak hanya tim dari Kepri, tapi beberapa tim dari luar Kepri sudah dipastikan ikut serta.

Kata dia, penonton DBR nanti selain bisa menyaksikan tim berlaga di perairan Sungai Carang, mereka juga bisa berwisata di Kota Rebah. Karena, Komplek Kota Rebah di kawasan Sungai Carang juga sudah tata.

”Kita berharap mudah-mudahan melalui event ini bisa mengangkat kebesaran Sungai Carang di dunia wisata internasional. Sama negara lainnya seperti Malaka, Malaysia. Kalau kita bandingkan, Sungai Carang masih lebih diuntungkan. Karena masih alami. View-nya cukup indah. Bisa juga dinikmati dari Jembatan Senggarang,” paparnya.

Kata dia, DBR akan menjadi event bagian dari Festival Bahari Kepri (FBK). Dijelaskannya, kenapa Sungai Carang menjadi tempat yang ideal, karena sudah memenuhi ketentuan nasional dan internasional dari Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI).

Baca Juga :  Kerja Keras dan Harus Fokus

Ia mengajak warga Tanjungpinang dan sekitar bisa langsung menyaksikan lomba perahu naga itu. Dan, Dragon Boat Race juga diharapkan bisa mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara.

”Festival Jong di Tanjungsiambang, banyak turis datang. Kita harapkan DBR juga demikian. Banyak turus datang menonton,” tegasnya.

Supaya event ini berlangsung lancar, Sekda berharap Dinas Pariwisata benar-benar berkomunikasi semua stakeholder, termasuk pihak kepolisian.

”Saya rasa pelaksanaan Dragon Boat Race tahun ini akan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Kenapa saya katakan demikian, karena event ini sudah yang ke-15 kalinya digelar,” bebernya.(MARTUNAS – ABAS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here