Jadwal Try Out Sama dengan USBN SMA Sederajat

0
1035
PEMBINA: Wali Kota Tanjungpinang Lis Darmansyah saat menjadi pembina di SMAN 6 Tanjungpinang, belum lama ini. f-humas tanjungpinang

Melihat Kendala Pelaksanaan UNBK 

TANJUNGPINANG – Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah mengakui banyak kendala terkait pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk tingkat SMP di Tanjungpinang yang belum mandiri.

Disebut belum mandiri karena pelaksanaan masih menumpang di sekolah lain. Di Tanjungpinang hanya SMPN 1 yang mandiri dari 9 sekolah yang melaksanakan UNBK tahun ini.

Sedangkan delapan sekolah lainnya masih menumpang di SMA dan SMK di Tanjungpinang.
Kendalanya tentu banyak, diantaranya siswa harus bolak-balik melaksanakan try out ke sekolah tersebut.

Belum lagi ada jadwal try out SMP sederajat dari pusat sama dengan pelaksanaan Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBN) tingkat SMA sederajat.

”Kalau kendala pelaksanaan UNBK yang tak mandiri saya akui banyak. Ini dikarenakan belum semua sekolah memiliki fasilitas yang lengkap tempat komputer dan perangkat,” ujarnya kepada Tanjungpinag Pos belum lama ini.

Baca Juga :  Pelajar Singapura Peduli dengan SDN002 Bintim

Dicontohkannya untuk SMPN 6 Tanjungpinang, pemerintah bukan tak siap memberikan bantuan pengadaan komputer dan perangkat lainnya tetapi lebih kepada kekurangan ruangan untuk meletakkan komputer dan lainnya.

Tahun 2017 ini, melalui bantuan dari pusat rencananya ada tambahan bangunkan enam Ruang Kelas Baru (RKB). Jika ini sudah selesai dibangun, mungkin baru akan mengadakan komputer.

”SMPN 1 kemarin termasuk yang kita paksanakan melaksanakan. Akhirnya bisa mandiri kini, nanti sekolah lain bertahap ke arah sana,” ungkapnya.

Terkait anggaran pengadaan komputer, ia megakui tahun ini belum ada. Hal ini karena ruangan di sekolah tersebut juga belum ada. Jika sudah ada, baru akan dianggarkan untuk komputer.

Baca Juga :  Peserta Paskibra Ikuti Tiga Tahapan Seleksi

Kepala SMPN 7 Tanjungpinang, Misnaneli mengakui ada kendala yang harus dihadapi terhadap pelaksanaan UNBK yang belum menadiri. Pertama siswa harus melaksanakan try out di sekolah yang ditumpangi.

Siswa SMPN 7 yang berada di Batu 10 menumpang UNBK di SMKN1 Tanjungpinang di Jalan Pramuka.

Bahkan terkait jadwal try out ke tiga dari pusat bersamaan dengan pelaksnaan USBN SMA sederajat, tentu pelaksanaannya harus mengalah dengan mengubah jadwal atau bahkan tidak dilaksanakan.

”Kami belum terima kabar apakah pelaksananya di tunda atau dibatalkan. Tetapi jadwalya memang bersamaan antara try out ke tiga dengan pelaksanaan USBN SMA sederajat tersebut,” ungkapya.

Baca Juga :  Pengetahuan Umum Lokal Perlu Diajarkan ke Anak

Meski demikian, menurutnya itu tidak membuat surut semangat siswa untuk tetap melaksanakan UNBK. Bahkan siswa terlihat antusias, sebab pelaksananya dinilai lebih muda.

Diakuinya, di SMPN 7 kini baru tersedia sekitar 6 komputer. Padahal jumlah siswanya sudah lebih dari 700an.

Tahun ini akan ada pembangunan enam RKB. Empat dipakai untuk mengisi kekurangan ruang belajar dan dua lagi bisa untuk tempat komputer. Dengan harapan 2018 sudah melaksanakan mandiri. (dlp)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here