Jaga Ekosistem Sungai, BRC Tanam Bibit Bakau

0
80
PIHAK BRC Lagoi dan komunitas pemuda serta pemerintah menanam bakau, di Sungai Sebong Lagoi, baru-baru ini. f-istimewa

LAGOI – PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) kembali melaksanakan kegiatan penanaman bibit bakau (mangrove replanting) di Sungai Sebong Lagoi, Kecamatan Teluk Sebong. Bakau yang ditanam mencapai 3.500 bibit.

Mangrove replanting program Bintan Resort Green Initiative ini, diikuti ratusan partisipan dari berbagai elemen. Diantaranya pengurus Karang Taruna, perangkat Desa Sebong Lagoi, Sebong Pereh dan Kota Baru, mahasiswa beserta perwakilan staf BRC dari seluruh department.

Kemudian juga diikuti Pemuda Pancasila Kecamatan Teluk Sebong, dan Komunitas Nelayan Laut Biru Sebong Lagoi. Hadir juga seluruh operator mangrove tour seperti Yethas, Wira Artha, BAP, BMC, Wessa, Green Mangrove, dan Safari Lagoi.

Manager CD PT BRC Machsun Asfari mengatakan, program ini awalnya ditangani oleh Environment and Health Department PT BRC. Namun perusahaan pengelola kawasan pariwisata Lagoi membuat inovasi yang lebih positif, dengan melakukan pendampingan kepada masyarakat khususnya Karang Taruna.

”Karang Taruna Desa Sebong Lagoi, Sebong Pereh dan Kelurahan Kota Baru inikan hasil didikan dari Dinas Sosial Bintan. Jadi kami ingin organisasi tersebut dapat terus berjalan sehingga diberikan bimbingan secara teknis melakukan pembibitan bakau,” ujar Machsun Asfari, Selasa (24/4) kemarin.

Untuk tahap awal, pendampingan masih dilakukan untuk Desa sebong Lagoi. Hasil pembibitan bakau mereka sudah dapat digunakan untuk melakukan mangrove replanting. Mulai dari 11 Maret 2018 lalu, dengan menanami 2.500 bibit dan 22 April 2018 dengan menanami 1.000 bibit.

Untuk bibit yang ditanam itu ada 3 jenis yaitu Rhiziporaapiculata, R Sylosa dan R Mucronata. Ketiga jenis bibit itu sangat dominan ditemukan di Sepanjang Sungai Sebong yang menjadi lokasi utama pelaksanaan program tersebut. (aan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here