Jaga Kebersihan Lingkungan Cegah DBD

0
509
tinjau pertokoan: Lurah Air Raja Husain Alhamid bersama Satpol PP saat meninjau kawasan pertokoan di Bincen Tanjungpinang beberapa waktu lalu. F-dokumen/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Beberapa bulan belakangan ini, cuaca di Kota Tanjungpinang selalu berubah-ubah. Terkadang cuacanya panas terik dan tiba-tiba berubah jadi mendung dan hujan. Kondisi cuaca seperti ini membuat rawan berkembangnya jentik nyamuk yang bisa memicu tingginya penderita DBD. Dengan cuaca ekstrem seperti ini, tidak jarang menimbulkan penyakit lainnya yang disebabkan oleh gigitan nyamuk.

Untuk mencegah berkembangnya nyamuk yang bisa memicu penyakit DBD Lurah Air Raja, Husain Ahmad meminta warganya untuk menjaga kebersihan di lingkungan tempat tinggal. ”Minimal menjaga kebersihan di rumah masing-masing, dan perkarangan serta selokan,” kata Husain Ahmad kepada Tanjungpinang Pos, Kamis (14/12).

Kalau di rumah sudah bersih, Husain yakin, lingkungan tempat tinggal warga pasti bersih dan jauh dari ancaman penyakit DBD. ”Jangan sampai lingkungan tempat tinggal warga menjadi sarang penyakit. Penyakit DBD salah satunya,” sebutnya.

Selain mesti menjaga agar tetap bersih, Husain mengimbau agar warga melakukan program membersihkan, menguras dan menimbun (3M) di lingkungan tempat tinggal. Pastikan, tegas dia, genangan air di ember yang tidak terpakai serta barang-barang lainnya yang bisa menampung air. Untuk bak mandi juga msti dikuras secara berkala agar tidak ada jentik nyamuk,” sebutnya.

Barang-barang yang tidak dipakai, ada baiknya ditimbun agar tidak jadi sarang nyamuk. ”Insya Allah, dengan menjaga kebersihan lingkungan kita akan jauh dari penyakit DBD,” ucapnya.

Selain itu, warga juga diminta untuk selalu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh dengan berolaraga. ”Banyak-banyak minum air putih juga, mengkonsumsi buah-buahan serta sayuran segar. Mudah-mudahan kita semakin sehat dan sehat,” harap dia.

Kemudian, dia kembali berharap, jangan sampai ada warganya yang terserang penyakit DBD. ”Alhamdulillah, sampai saat ini tidak ada warga kita terserang penyakit DBD. Kalau bisa jangan sampai terjadi,” sebut dia.(ANDRI DS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here