Jaga Kebugaran dengan Program Germas

0
688
f-DESI LIZA PURBA/TANJUNGPINANG POS SENAM BERSAMA: Pengurus dan anggota Fatayat Tanjungpinang beserta warga Dompak hadir di acara senam sehat

TANJUNGPINANG – Pengurus dan anggota Fatayat NU Tanjungpinang mengadakan senam sehat yang disejalankan dengan sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) menggandeng Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kepri.

Senam diikuti Wakil Wali Kota Tanjungpinang, H Syahrul SPd yang juga penasehat Fatayat NU didampingi istrinya Hj Juriah. Kegiatan dilaksanakan di Lapangan Parkir Mal Tanjungpinang City Centre (TCC), Batu 8 Atas Tanjungpinang, Minggu (26/11).

Warga mengikuti senam dimpimpin Instruktur yang diundang panitia. Pesertanya terdiri dari pengurus dan masyarakat sekitar Dompak yang sudah hadir mulai pukul 06.00 yang berakhir sampai pukul 07.30 Wib. Dilanjutkan dengan sosialisasi terkait Germas.

Organisasi perempuan yang dipimpin Siti Saudah tersebut berkeyakinan melalui kegiatan senam dapat meningkatkan kebugaran tubuh. Serta menjadi wadah bagi masyarakat sekitar bersama-sama melakukan ativitas fisik. Dengan tujuan, usia harapan hidup kian meningkat. ”Rencanya bisa dilakukan berkelanjutan,” terangnya didampingi Rahma sekalgus anggota pegurus.

Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Kepri, Rizal menuturkan, untuk meningkatkan kesehatan tubuh, minimal berfokus pada tiga kegiatan. Melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit per hari, mengonsumsi buah dan sayur, dan memeriksakan kesehatan secara rutin minimal enam bulan sekali sebagai upaya deteksi dini penyakit.

Bahkan dalam acara itu, peserta senam disedikan berbagai buah sebagai praktik fokus Germas yaitu konsumsi sayur dan buah. ”Untuk sehat perlu makan buah dan sayur setiap hari. Manfaat sangat banyak termasuk pemenuhan gizi dan kecantikan,” imbuhnya.

Rencananya, kegiatan tersebut akan dilaksanakan rutin setiap Minggu di Lapangan Parkir TCC dan terbuka untuk umum. ”Hari ini kami bersama organsiasi Fatayat NU, adakan senam sehat, kedepan bisa jadi donor darah dan pemeriksaan kesehatan gratis. Ini perlu dikomunikasikan kembali menggandeng pihak TCC,” tuturnya.

Syahrul mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan organisasi Fatayat NU yang bekerjasama dengan Dinkes Kepri. Bila perlu harus rutin dilaksanakan di Lapangan parkir TCC, untuk mengakomodir masyarakat di kawasan Dompak dan sekitarnya.

”Senamnya harus dilaksanakan rutin, jadi masyarakat sekitar tahu setiap hari Minggu ada senam di sini. Sebab untuk masyarakat di kawasan Kota Lama biasanya melaksanakan di Gedung Gonggong. Semakin banyak titik senam, semakin baik,” tuturnya.

Central Manager Mal TCC, Ivan Naingolan yang hadir dalam acara senam sehat, menuturkan, siap memberikan fasilitas lapangan gratis lengkap dengan sound system saat pelaksanaan senam.

Selain itu, akan ada stan-stan yang berisikan barang-barang diskon bagi peserta senam. ”Kita sambut baik kegiatan ini, kebetulan saya baru tiga minggu di tugaskan disini. Jadi masih perlu komunikasi,” tuturnya.

Bagi organisasi lain yang mau memakai lapangan parkir juga boleh. Dapat mengirimkan surat atau menguhubungi manajemen.(DESI LIZA)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here