Jaga Lingkungan, Warga Mulai Goro

0
580
Atur LALULINTAS: Petugas Bhabinkamtibmas Polres sedang menertibkan lalulintas saat warga melaksanakan gotong royong. f-RAYMON/TANJUNGPINANG POS

TANJUNGPINANG – Memupuk kepedulian terhadap lingkungan, warga daerah pelantar Potong Lembu kelurahan Kamboja menggelar Gotong royong (Goro) , Minggu (19/11) pagi. Pantauan di lapangan, warga mulai membersihkan parit-parit yang banyak sampah.

Dikwatirkan dapat membuat aliran air tersumbat yang nantinya membuat genangan air atau banjir di kawasan tersebut. Selain itu, untuk kawasan pelantar, warga juga mengambil sampah-samap yang menumpuk.

Setelah itu, sampah di kumpulkan disuatu tempat dan di bawa lori pengangkut sampah. Warga Pelantar Potong Lembu menuturkan, kegiatan ini, sudah di agenda rutin Ketua RT setempat dengan mengajak warga turut serta.

Baca Juga :  33 Putra Kepri Ikut Tes TNI AU

Pihaknya menyadari betul, bahwa menjaga kebersihan memerlukan peran semua lapisan. ”Kami kompak melaksanakan gotong royong. Ini dari kami untuk kami juga,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, saat dijumpai di lokasi.

Pihaknya sepakat pekerjaan dilaksanakan di hari Minggu, yang diyakini mayoritas warganya sedang libur. Bila tidak sempat karena ada kegiatan biasanya dapat dimaklumi. Ia menuturkan, biasanya yang paling utama di bersihkan drainase yang paling banyak sampah.

Ini bisa menjadi bakal penyakit, karena tempat berkembang biak Nyamuk. ”Selain parit kecil, juga membersihkan sampah-sampah yang ada dil aut terutama yang berada dibawah kolong rumah warga,” tuturnya.

Baca Juga :  KBBI Tanjungpinang Gelar Maulid Nabi Muhammad SAW

Ini penting, agar tak menimbulkan bau tak sedap, terutama saat air laut surut. Sementara, Suwandi menyebutkan, dengan adanya gotong royong ini juga mempererat dan menjalis rasa persaudaraan antarwarga. Menurutnya, setiap hari di daerah Potong Lembu juga ada pekerja kebersihan yang menyapu, hanya saja gotong royong tetap perlu.

”Saling menjaga lingkungan dan berusaha mengajak sesama tidak membuang sampah sembarangan,” imbuhnya.(RAYMON)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here