Jaga Natuna, TNI AL Tambah Armada

0
497
DAN LANAL Ranai Kolonel Laut (P) Komandan Lanal Harry Setyawan foto bersama Bupati Hamid Rizal serta FKPD dan DPRD usai menerima kapal patroli baru KAL Pulau Bungaran. F-ISTIMEWA

Komandan Lanal Ranai Kolonel Laut (P) Komandan Lanal Harry Setyawan SE menuturkan bahwa kedatangan Kapal Angkatan Laut (KAL) Pulau Bungaran menjadi kapal ketiga yang akan memperkuat pertahanan keamanan laut Natuna Utara.

NATUNA – Ia menjelaskan, KAL Pulau Bungaran 28/II-4-23 yang telah resmi menjadi Kapal Patroli jajaran Lanal Ranai yang akan bergabung bersama KAL Panda dan KAL Sengiap yang diperuntukkan menjaga pertahanan dan keamanan laut Natuna.

”Dengan adanya KAL Pulau Bungaran ini, pertahanan dan keamanan laut Natuna khususnya di wilayah Bunguran bisa lebih kuat lagi,” ucap Danlanal Ranai Harry Setyawan saat memberikan sambutan kedatangan Kal Bungaran di Pelabuhan Penagi, Rabu (15/8).

KAL Pulau Bungaran 28/II-4-23 yang tergolong jenis kapal patrol ini, merupakan bantuan langsung dari Kementerian Pertahanan dan Keamanan pengadaan Tahun 2017 lalu yang diperuntukkan untuk Natuna.

”Kita sangat berterimakasih kepada Kemenhan dan Mabes TNI AL, yang telah memberikan bantuan KAL Pulau Bunguran guna pertahanan dan keamanan laut Natuna Utara,” ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Bupati Natuna Hamid Rizal yang mengatakan, pihaknya sangat berterimakasih kepada TNI AL yang terus berusaha untuk memperkuat pertahanan dan keamanan laut Natuna.

”Terutama laut Natuna utara ini, perlu ditingkatkan kewaspadaan wilayah lautnya. Dengan adanya bantuan kapal patroli KAL Pulau Bungaran ini Natuna bisa lebih kuat dari sebelumnya. Sehingga, penjagaan di laut lebih maksimal,” ucapnya.

Ia juga menegaskan, wilayah Natuna yang memiliki luas lautan hampir 97 persen sangat diperlukan ditingkatkan keamanan lautnya. Terlebih lagi, di laut Natuna dilalui oleh Alki (Alur Laut Kepulauan Indonesia) satu.

”Kita bersyukur sekali, dahulu Natuna hanya ada satu KAL saja, sekarang kita sudah ada tiga. Mudah-mudahan bisa terus ditambah lagi, untuk memperkuat laut kita yang bisa rentan dengan kapal perang asing,” harapnya.(HARDIANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here