Jajaran Kepolisian Goro Peringati HPSN 2019

0
239
Anggota Polres Anambas membersihkan sampah yang berserak di Tarempa, Anambas.

ANAMBAS – Jajaran Polres Anambas membersihkan sampah-sampah yang berserakan dan menumpuk di laut dan kawasan darat Tarempa, Anambas, Kamis (22/2). Kegiatan ini dalam rangka peringatan Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2019.

Sebelum pelaksanaan gotong royong (goro), terlebih dahulu anggota polisi tersebut menggelar upacara HPSN. Kapolres Kepulauan Anambas, AKBP Junoto bertindak sebagai inspektur upacara.

Ia menuturkan, sampah sudah menjadi persoalan nasional. Bila tidak ditangani dengan cepat dan tepat berdampak pada lingkungan.
“Sampah bisa menjadi lawan dan bisa juga menjadi kawan. Mari bersama masyarakat menjaga kebersihan lingkungan,” ujarnya dalam kata sambutan.

Dituturkannya, ditangan orang kreatif sampah bisa memiliki nilai ekonomi. Inilah yang perlu terus diciptakan dalam upaya penanganan sampah bermanfaat bagi pelaku.

Junoto menuturkan, bila sampah tidak ditangani dengan baik bisa membuat lingkungan tercemar dan bahkan banjir. Kata dia, diharapkan seluruh masyarakat Anambas dapat menjaga lingkungan dimulai dari diri sendiri. Serta dari sekarang agar kedepannya lebih baik.

Dituturkannya, bila lingkungan sudah bersih, maka masyarakat akan nyaman. Begitu juga dengan pengunjung dalam upaya meningkatkan jumlah wisatawan.

“Kita ingin daerah ini mudah dipromosikan melalui pengunjung yang nyaman karena merasa udara dan lingkungan yang bersih,” tuturnya.

Usai upacara dilaksanakan mulai membersihkan sampah yang melibatkan instansi dan masyarakat. Dalam kegiatan kerja bakti membersihkan sampah di bagi tiga zona, yakni zona A di Desa Sri Tanjung, Zona B di Pelabuhan Tarempa dan zona C di seputaran Pantai Tanjung Momong Desa Tarempa Timur.

“Kegiatan kebersihan selama dua jam. Masing-masing regu terfokus dan kapal pengangkut sampah dari laut ada tiga kapal,” tutur dia. (ign)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here