Jaksa Geledah Kantor Dinsos

0
1038
MEMERIKSA: Jaksa dari Kacabjari Tanjungbatu Kundur memeriksa dokumen bantuan perumahan untuk Suku Duane di Kantor Dinas Sosial Karimun, Rabu (26/4). F-ALRION/TANJUNGPINANG POS

KARIMUN – KEJAKSAAN Negeri (Kejari) cabang Tanjung Batu menggeledah Kantor Dinas Sosial Karimun pada Rabu (26/4) pagi.

Kedatangan jaksa di Kantor Dinsos Pemkab Karimun tersbut mendapat pengawalan dari anggota Polres Karimun dan berjaga di pintu masuk.

Kepala Kejari Cabang Tanjung Batu Filpan membenarkan jajarannya menggeledah kantor Dinsos untuk untuk melengkapi alat bukti dugaan korupsi pembangunan rumah Suku Duane di Tanjung Batu.

”Benar kami melakukan penggeledahan, terkait penyidikan bantuan perumahan bagi Suku Duane pada tahun 2014 lalu,” tegas Filpan, Rabu (26/4).

Baca Juga :  Rafiq Teken MoU dengan Pesantren

Pasalnya, pihaknya telah beberapa kali meminta data atau administrasi kepada pihak Dinas Sosial, tetapi data yang kami anggap perlu tidak pernah dapat.

Sehingga dipandang perlu melakukan penggeledahan, untuk mendapatkan bukti pendukung lainnya.

”Dokumen yang selama ini dicari, ditemukan adanya bantuan dari Pemkab Karimun senilai Rp 770 juta,” jelasnya.

Untuk anggaran pengerjaan 30 unit rumah, tahun 2013 Pemprov Kepri mengalokasikan anggaran Rp 400 juta untuk pembelian lahan.

Dari jumlah itu, terpakai senilai Rp 300 juta dan sisanya Rp 100 juta digunakan untuk pembersihan, sebagaimana diterangkan tersangka berinisial Ir.

Baca Juga :  Penduduk Karimun Capai 240 Jiwa

PT Timah melalui dana CSR mengalokasikan anggaran senilai Rp 378 juta, pada tahun 2015 untuk pembangunan 15 unit rumah. Total keseluruhan 75 unit rumah, pengerjaan rumah ada yang terbengkalai.

”Rumah yang telah selesai tidak sesuai dengan yang direncanakan sebelumnya. Untuk kerugian negara masih dihitung BPKP, perkiraan sementara senilai kurang lebih Rp 447 juta,” Terang Filpan.(ALRION)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here