Jalan Batu 12 Sudah Mulus

0
617
Sudah mulus: Pengendara kini sudah nyaman melintas di Jalan Nusantara Km 14 yang sudah mulus karena ditambal. f-Andri Dwi S/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Jalan Nusantara yang ada di Batu 12 hingga Batu 14 arah Kijang kini sudah tidak berlubang lagi. Jalan rayanya sudah mulus akrena ada perbaikan jalan beberapa waktu lalu.

Jalan raya ini diperbaiki oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Kepri. Sebelumnya, kondisi jalan ini rusak parah. Beberapa ruas jalan sempat bergelombang dan berlubang. Akibat banyaknya lubang di ruas jalan membuat pengendara kesulitan untuk melintas. Lubang jalan juga kerap membuat pengendara sepeda motor terjatuh.

”Alhamdulillah sekarang sudah diaspal. Mudah-mudahan tak ada lagi korban kecelakaan di jalan ini (Jalan Nusantara Km 14, red),” kata Yanto, salah satu pengguna sepeda motor yang dijumpai Tanjungpinang Pos di Jalan Nusantara Km 12 Tanjungpinang, Jumat (15/12).

Pesan Yanto, penambalan jalan berlubang jangan hanya di Jalan Nusantara Km 12 saja. Tetapi dinas terkait perlu melakukan penambalan lubang jalan di tempat lainnya. Jalan DI Panjaitan, Km 8 Tanjungpinang, salah satu ruas jalan berlubang. ”Itu perlu ditambal juga. Sehingga jalan di Tanjungpinang menjadi mulus,” harap dia.

Dalam kesempatan ini, Kepala Seksi (Kasi) Preservasi Jalan dan Pemeliharaan Jembatan Dinas PU Provinsi Kepri, Andoko, ST mengatakan, pengerjaan penambalan ruas jalan berlubang, salah satu pemeliharaan rutin. Dana pemeliharaan rutin sekitar Rp 300 juta, yang berasal dari APBDP Provinsi Kepri tahun 2017.

Dana ini tak hanya digunakan pemeliharaan rutin jalan di Tanjungpinang saja. Tetapi, dana pemeliharaan rutin juga digunakan penambalan jalan berada di Kabupaten Bintan. Khusus penambalan lubang di Jalan Nusantara Km 12 hingga Km 14 sekitar 10 ton aspal. Karena banyak jalan berlubang.

”Bisa jadi lebih dari 10 ton aspal. Dengan ada anggaran pemeliharaan rutin, kami optimalkan penambalan lubang jalan, baik itu di wilayah Batam, Karimun, Lingga dan Natuna. Agar orang pada saat merayakan perayaan Natal dan Tahun Baru, tidak ada lagi jalan berlubang,” kata Andoko saat dikonfirmasi dengan awak media harian ini.

Dana pemeliharaan rutin ini, lanjut dia, tak hanya diperuntuhkan untuk penambalan jalan berlubang. Tapi juga diperuntuhkan untuk pembersihan saluran, pemotongan rumput, pengecatan, perbaikan bahu jalan hingga kalau ada jembatan rusak. ”Tapi, kita sekarang fokus di penambalan jalan dulu. Biar jangan sampai ada pengendara menjadi korban, yang diakibatkan jalan berlubang,” sebut dia. (dri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here