Jalan Dilebarkan, PAD Berkurang

0
708
Amsakar

BATAM – Wali Kota Batam melalui Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, mengungkapkan beberapa kendala yang dihadapi hingga membuat pendapatan asli daerah menjadi tidak maksimal pada tahun 2016 lalu. Pemko banyak kehilangan potensi pendapatan dari pajak reklame. Ini akibat adanya pelebaran jalan. Selain itu, retribusi sampah juga turun karena industri semakin berkurang. Pengakuan itu disampaikan Amsakar Achmad, Senin (17/7) di Batam, saat paripurna DPRD Batam saat menjawab pertanyaan dewan sebelumnya tentang PAD yang dinilai tidak optimal di tahun lalu.

Baca Juga :  PGN Bantu Batam Perluas Pemanfaatan Gaslink di 2020

”Ada potensi pajak reklame yang hilang akibat dari pelebaran jalan di beberapa titik wilayah antara lain Nagoya, Simpang Graha Sulaiman, Simpang Jam dan Bundaran dan Pasifik Hotel,” kata Amsakar. Pelebaran jalan juga berdampak pada pendapatan sektor parkir pinggir jalan. ”Retribusi pelayanan parkir di tepi jalan umum juga terganggu karena ditutupnya beberapa lokasi parkir di ruang milik jalan,” sambungnya.

Selain itu, pajak mineral bukan logam dan batuan masih menggunakan tarif harga satuan yang lama. Waktu pengerjaan proyek masih terbatas serta beberapa wajib pajak tidak memberikan alamat yang jelas sehingga proses penagihan tunggakan pajak terhambat. ”Dampaknya, terjadi pada penurunan pendapatan,” bebernya. Sementara, untuk retribusi pelayanan persampahan/kebersihan disebabkan banyaknya objek retribusi yang tutup. Sehingga mengakibatkan pengurangan jumlah karyawan pada perusahaan yang berdampak berkurangnya tonase sampah. ”Kita harapkan, tahun ini ada peningkatan pendapatan,” kata Amsakar.

Baca Juga :  PNS yang Tua Kerja dari Rumah

Sementara, untuk besarnya SILPA Tahun 2016 bila dibandingkan SILPA Tahun 2015 dapat dijelaskan bahwa kondisi tersebut terjadi karena adanya penghematan belanja di beberapa SKPD. Di sisi lain, Pemko dijanjikan akan meminimalkan potensi kebocoran pendapatan daerah. ”Sehingga tidak terjadi pengurangan alokasi belanja yang dapat menimbulkan dampak negatif terhadap kesinambungan pembangunan pada masa mendatang,” harapnya.(MARTUA)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here