Jalan Merdeka Bakal Jadi Pusat Kuliner

0
906
BAKAR IKAN: Pedagang saat membakar ikan di Pelantar II Kota Tanjungpinang, belum lama ini. f-adly bara/Tanjungpinang Pos

Tanjungpinang – Jalan Merdeka sampai Jalan Teuku Umar akan disulap jadi kawasan bisnis baru di malam hari. Wali Kota Tanjungpinang, H Lis Darmansyah, ingin membuat kawasan ini menjadi pusat kuliner dan bazar. Rencananya, awal April ini sudah akan jalan.

Wacana ini direspon baik oleh pihak Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Tanjungpinang.
Ketua Kadin Tanjungpinang, Bobby Jayanto akan membantu pemerintah, untuk mengairahkan perekonomian di Kota Lama ini.

”Saat menghadiri perayaan Imlek, Pak Walikota, mengatakan ingin menghidupkan pusat bisnis di Kota Lama di malam hari. Ini disampaikanya di hadapan orang banyak. Dan ini direspon baik oleh pelaku usaha,” kata Bobby Jayanto, kemarin.

Pengusaha ini yakin, bila kawasan Jalan Bintan sampai Jalan Teuku Umar, jadi kawasan kuliner dan bazar akan membuat pertumbuhan ekonomi menjadi lebih baik.

Ia mencontohkan, saat bazar Imlek, digelar di kawasan Pasar Lama, baru-baru ini, traksaksi keuangan mencapai ratusan juta.

”Kalau ini diterapkan, ditambah lagi tambang bauksit akan buka, perekonomian tahun ini akan jauh lebih baik lagi,” tegasnya.

Rencana pemerintah pusat jadikan Bintan kawasan ekononi Khusus (KEK) juga berdampak perputaran ekonomi di Tanjungpinang.

”Jadi perputaran uang di Tanjungpinang, tidak hanya dari APBD Pemprov, Pemko Tanjungpinang dan Pemkab Bintan. Tapi, kita harapkan ada perputaran ekonomi dilakukan oleh pihak swasta lainnya,” harapnya.

Mantan Ketua DPRD Kota Tanjungpinang ini, juga minta kepada pemerintah, untuk meningkatkan sarana dan prasarana di Kota Tanjungpinang. Baik itu di pelabuhan, peningkatan sarana jalan, listrik dan air bersih.

”Listrik mulai membaik. Tapi, air kita belum maksimal. Termasuk infrastruktur jalan di kawasan Free Trade Zone (FTZ) di Sennggarang dan Dompak,” tegasnya.

H Lis Darmansyah menambahkan, setelah dijadikan pusat kuliner dan dan bazar, maka Jalan Merdeka dan Jalan Teuku Umar akan ditutup.

”Lokasi parkirnya akan dibahas. Salah satunya, kawasan City Work Tanjungpinang,” tegasnya.

Ia juga akan melibatkan para pedagang yang ada di kawasan tersebut. Dan, ada wacana biar kawasan tersebut tetap terbit, pedagang akan mengunakan motor kaisar.

”Kita juga mencoba lobi-lobi ke bank, supaya pedagang diberikan bantuan usaha,” harapnya.(ABAS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here