Jalan Nasional Masih Sulit Terwujud

0
341

Status pembangunan jalan nasional yang menghubungkan Tarempa-Rintis di Kabupaten Kepulauan Anambas hingga kini masih menemui sejumlah kendala dan sulit terwujud.

ANAMBAS – Pasalnya, akan ada perubahan besar ketika status jalan daerah diubah menjadi Jalan Nasional. Perubahan tersebut yang paling mencolok, yakni mengenai spesifikasi jalan yang akan diubah.

Diketahui, jika lebar Jalan Tarempa-Rintis saat ini yakni 6 meter. Sementara itu, setelah diubah menjadi jalan nasional menjadi 15 meter lebarnya. Ini yang akan menyulitkan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kepulauan Anambas. Karena, jika lebar jalan menjadi 15 meter maka akan banyak menyinggung lahan milik warga.

Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kabupaten Kepulauan Anambas Khairul Anwar mengatakan, karena perubahannya terlalu signifikan maka Pemda masih melakukan koordinasi dengan Pemerintah Pusat dan pemenang tender proyek ini adalah PT Dwitama Fortuna Perkasa.

”Kami masih memadukan antara layout dari Pemerintah Pusat, yang sudah dipegang pemenang tender dengan layout dari Pemda. Kemungkinan ada perubahan spesifikasi jalan, yang awalnya 15 meter lebarnya menjadi 8 meter,” ungkapnya Khairul Anwar, kemarin.

Lebar 8 meter yang dimaksud, kata Khairul, bukan berarti seluruhnya aspal tapi 6 meter aspal ditambah bahu jalan kanan dan kiri masing-masing 1 meter. ”Kalau 8 meter lebarnya, itu diperkirakan ada beberapa bangunan saja yang akan dirobohkan,” ungkapnya lagi.

Diperkirakan, bukan hanya bangunan milik warga saja yang bakal terkena dampak pelebaran jalan tetapi diperkirakan lahan kantor Dinas Perhubungan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Kepulauan Anambas juga bakal kena dampaknya. Khairul menyebutkan, jika milik pemerintah tidak begitu diperhitungkan.

”Kalau kantor Dishub itu kan pemerintah punya, lebih mudah pengurusannya,” ungkapnya lagi.

Pembangunan Jalan Nasional di Kabupaten Kepulauan Anambas ini, seharusnya sudah dilaksanakan beberapa tahun yang lalu. Namun, ada sedikit kendala sehingga pembangunan Jalan Nasional baru akan terwujud tahun ini. Itu pun pembangunannya secara bertahap, dan diperkirakan baru akan selesai pada tahun 2019 mendatang.(INDRA GUNAWAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here